Amaliah Ramadhan, MAN 3 Kebumen Terjunkan Siswa PPL Di TPQ

Kebumen – Bertempat di Kelas Digital MAN 3 Kebumen (05/04), diadakan pembekalan peserta Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang akan diterjunkan ke berbagai Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ) di sekitar madrasah. Hadir dalam acara pembekalan PPL, Wakil Kepala Madrasah bidang Kesiswaan Hj. Siti Badriyah, Kepala Lembaga Pengkajian Agama Islam (LPAI) Nur Wahyudi Mustofa, narasumber pembekalan Astuti, serta Samsul Maarif selaku Pembina OSIS.

Kegiatan PPL itu sendiri merupakan kegiatan siswa mengisi bulan Ramadhan 1443 H dengan mengajar baca dan tulis Al Qur’an di TPQ yang telah ditentukan. Kegiatan yang berlangsung di bulan Ramadhan ini diikuti oleh 14 peserta yang telah lulus seleksi dan nantinya disebar di berbagai kecamatan seperti Kecamatan Kutowinangun, Prembun, Poncowarno, serta Buluspesantren.

Dalam sambutannya, Hj Siti Badriyah sangat mengapresisi kegiatan ini. Menurutnya ini merupakan program baru yang belum pernah ada pada tahun-tahun sebelumnya.

“Semoga kegiatan PPL ini memberikan spirit bagi para santri dalam belajar Al Qur’an sekaligus sebagai ruang pengembangan kompetensi bagi para peserta PPL,” ujarnya.

Hj. Siti Badriyah juga berpesan pada para peserta PPL untuk mendidik dengan hati dan keteladanan. Karena yang akan dihadapi adalah anak usia dini yang butuh perhatian khusus, kasih sayang dan teladan.

“Sampaikan materi dengan penuh kasih sayang, tidak boleh dengan kekerasan! Gunakan hati, dan berikan contoh yang baik kepada para santri TPQ,” tambahnya.

Menambahkan apa yang disampaikan Siti Badriyah, Astuti sebagai narasumber pembekalan berpesan bahwa hal yang terpenting dalam mengajar di TPQ adalah menguasai materi dan situasi kelas.

“Kuasai materi dan situasi kelas! Jika keduanya sudah dimiliki, PPL tidak lagi menjadi persoalan yang susah,” katanya (dp/fz/bd).