Amaliyah Ramadan, MTs Negeri 3 Kebumen Recharge Kalbu

Kebumen – MTs Negeri 3 Kebumen menyambut hangat bulan suci ramadan 1943 H. Pada ramadan ini, Madrasah yang memiliki brand Madrasah Tahfiz Berkarakter Juara itu menyiapkan serangkaian kegiatan selama ramadan di antaranya tadarus Quran, siraman kalbu, infak, dan sedekah.

Kegiatan pertama untuk mengawali Ramadan adalah tadarus Quran. Kegiatan itu dilaksanakan sejak awal memasuki bulan suci ramadan. Kegiatan tersebut dilaksanakan di masing-masing kelas dengan didampingi wali kelas. Target kegiatan tersebut yakni satu hari satu juz Quran dengan waktu satu jam pelajaran.

“Tadarus Quran dilakukan setiap hari kecuali Jumat karena ada mujahadah bersama. Kami sediakan waktu satu jam pelajaran di awal untuk tadarus Quran,” ujar Mufid selaku Wakil Kepala Bidang Akademik Selasa (12/04) saat diwawancarai tim jurnalistik di ruang guru.

Mufid menuturkan lebih lanjut, kegiatan berikutnya adalah infak dan sedekah untuk semua warga madrasah dengan besaran yang berbeda-beda antara siswa, guru, dan pegawai. Mekanisme kegiatan tersebut adalah panitia mendatangi semua kelas untuk siswa., sedangkan guru dan pegawai didatangi di ruangan masing-masing. Setelah terkumpul akan didistribusikan kembali untuk siswa, guru, dan pegawai sesuai dengan kreteria penerima zakat.

Di samping kegiatan di atas lanjut Mufid, MTs Negeri 3 Kebumen juga mengadakan siraman kalbu khusus guru dan karyawan. Kegiatan dilaksanakan mulai Senin, 11 April 2022 pukul 10.30 WIB sampai dengan pukul 12.00 WIB dilanjutkan dengan salat zuhur berjamaah.

“Rencananya acara siraman kalbu atau pengajian bagi guru dan karyawan akan dilaksanakan selama empat hari, terhitung dari Senin sampai Kamis,” tuturnya.

Kepala MTs Negeri 3 Kebumen menyambut baik kegiatan ini dan berharap bisa menanamkan karakter religious bagi peserta didik dan seluruh warga warga madrasah. Bukan hanya di bulan Ramadhan tetapi seterusnya bisa dibiasakan.

“Mari kita bersama-sama kita recharge ilmu dan kalbu kita bersama sehingga dalam menjalankan ibadah di bulan Ramadhan kali ini bisa lebih maksimal dan menjadi kebiasaan di bulan – bulan setelahnya, utamanya memaksimalkan waktu untuk tadarus Quran,” ujar H. Jahroni.

Hal ini sangat penting guna mendorong terwujudnya brand MTs.N 3 Kebumen yaitu Madrasah Tahfiz Berkarakter Juara.

Kegiatan siraman kalbu menghadirkan Ky. Ali Mu’min pengasuh Pondok Pesantren Nurul Hidayah Kalisalam Kebumen. Beliau menyampaikan pembahasan mengenai kitab Arba’in An-Nawawi. Beliau juga menyampaikan bahwa keserakahan merupakan watak manusia yang harus dikendalikan. Dengan berpuasa diharapkan bisa mengendalikan keserakahan yang ada dalam diri setiap manusia.(nh/fz/bd).