Bupati Kebumen, Penghulu Merupakan Sosok Yang Sangat Penting Perannya Di Masyarakat

Kebumen – Penghulu merupakan sosok yang sangat penting perannya di masyarakat, pernyataan ini disampaikan Bupati Kebumen H. Arif Sugiyanto saat membuka dan memberikan sambutan kegiatan Peningkatan Kompetensi Penghulu Pada Seksi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen, Senin (25/04) di aula Kankemenag.

Oleh karena itu, pada kegiatan yang diikuti oleh seluruh Penghulu dilingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen ini, sebagai sosok yang dituakan, Bupati berharap kepada para Penghulu agar mampu menjawab berbagai persoalan yang ada di masyarakat, khususnya terkait dengan pelaksanaan syariat – syariat Islam.

Bupati juga meminta kepada para Penghulu agar selalu siap mencermati dinamika social yang terjadi. Terutama yang terkait dengan perbedaan pendapat  dan isu – isu sensitif menyangkut suku, ras, agama dan golongan.

“Mari jadikan Kabupaten Kebumen sebagai Kabupaten yang sejuk dalam keberagamaan dan penghormatan satu sama lain,” ajak H. Arif Sugiyanto.

“Kita mempunyai satu tujuan yang sama, yaitu meraih hari esok yang lebih baik menuju Kabupaten Kebumen SEMARAK, sejahtera, mandiri, berakhlak bersama rakyat. Karenanya mari bangun kebersamaan dan kekompakan diantara kita bersama untuk memberikan yang terbaik bagi kabupaten kita tercinta, bangsa dan negara, bagi Tuhan Allah S.WT.” lanjut Bupati.

Pada kesempatan tersebut, Bupati juga memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada seluruh jajaran Kemenag Kebumen atas berbagai program kolaborasi dan sinergi dengan Pemkab Kebumen. Sebagai mitra Pemkab Kebumen, menurut Bupati, Kemenag Kebumen telah banyak menciptakan inovasi dan kerjasama dengan Pemkab Kebumen. Beberapa program kolaborasi itu diantaranya yaitu program “Nandur Wit Nggo Anak Putu” dan “Layak Menikah Ijabah”.

Diakui Bupati, tanpa adanya kerjasama yang baik antara Kemenag dan Pemkab Kebumen, program Nandur Wit Nggo Anak Putu tidak akan berjalan dengan sesukses. Tetapi melalui sinergi yang baik dengan mewajibkan pasangan calon pengantin untuk menanam minimal 2 batang pohon, diakuinya program ini sangat nyata keberhasilannya dan insyaAllah akan sangat bermanfaat dikemudian harinya. “Berdasarkan laporan yang saya terima tahun lalu saja sudah tertanam sebanyak 29.000 pohon, jika program ini terus berlanjut saya meyakini upaya untuk menjaga dan melestarikan alam di Kabupaten Kebumen akan terlaksana dengan baik,” ungkap Bupati.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen H. Ibnu Asaddudin menjelaskan, kegiatan Peningkatan Kompetensi Penghulu ini dimaksudkan untuk membekali dan  meningkatkan SDM Penghulu agar semakin profesional. “Agar mereka memiliki ketrampilan dan keahlian pada bidang yang mereka geluti,” ungkap Kakankemenag.

Selain itu, melalui kegiatan ini diharapkan juga dapat mendorong peningkatan produktivitas yang berkelanjutan, dan meningkatkan kedisiplinan para Penghulu di lingkungan Kankemenag Kabupaten Kebumen dalam mematuhi aturan terkait profesi penghulu itu sendiri.

“Kegiatan Peningkatan Kompetensi Penghulu ini sangat penting mengingat kinerja para penghulu itu sendiri sangat dipengaruhi oleh tingkat penguasaan, pemahaman serta pengimplementasian ketrampilan yang mendasari pelaksanaan tugasnya.” Jelas H. Ibnu.(fz/bd).