Jaring Peserta Terbaik, Kecamatan Ambal Adakan Seleksi MTQ

Kebumen, Seleksi Musababaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) digelar Panitia Kecamatan Ambal, Senin (11/4/2022) bertempat di Aula Balai Nikah Kantor Urusan Agama (KUA) Kec Ambal. Kegiatan dilakukan dalam rangka menjaring peserta terbaik putra dan putri dari masing masing cabang yang dilombakan. Acara pembukaan dihadiri langsung Camat Ambal, Bambang Budi Sanyoto, S.H serta Forkopimcam terkait, Kepala KUA Ambal, Akhmad Kheroni, S.H.I dan Penyuluh Agama Islam KUA Kec Ambal.

Dalam Sambutannya Kheroni menyampaikan, dalam proses seleksi kali ini sebagai wujud transparansi sebelum dilaksanakan, terlebih dahulu diadakan sosialisasi kepada para Kepala Desa, satuan  pendidikan dan lembaga keagamaan di wilayah Kec Ambal. “Alhamdulillah semua proses dari awal hingga dilaksanakan penjaringan hari ini bisa berjalan sesuai rencana.” ujarnya.

Lebih lanjut kheroni mengatakan, seleksi kali ini akan diikuti 28 peserta yang akan berkompetisi memperebutkan juara 1,2 dan 3 dari cabang Tilawah Anak putra dan putri, Tilawah Remaja putra dan putri, Tilawah Dewasa putra dan putri serta Tahfidz 1 juz dan tilawah umur max 15 th.  Selanjutnya akan kita ambil juara 1 Pa/Pi, untuk nantinya dipersiapkan mengikuti MTQ tingkat Kabupaten Kebumen. 

“Dari peserta terbaik 1 putra dan putri nantinya akan kita bina untuk mempersiapkan diri mengikuti latihan intensif sesuai jadwal yang akan diatur masing pelatih.” jelasnya.

Pada bagiannya, Camat Ambal mengatakan, mendukung penuh proses kegiatan ini. “Komitmen saya, dari awal  proses sampai seleksi hari ini akan terus mensupport sampai proses pemberangkatan nantinya.” tegasnya.

Dan yang terpenting lanjut Camat Ambal, dengan adanya seleksi ini selain mencari yang terbaik dari masing masing cabang, harapan besar lain kegiatan ini adalah, mampu menyemangati dan memotivasi para peserta untuk semakin mencintai, memahami, yang nantinya  mampu mengamalkan isi kandungan  Al Quran  dalam kehidupan sehari – hari.” pungkasnya.

Proses seleksi  yang berlangsung antusias dan ketat akhirnya sesuai hasil keputusan Dewan Juri dihasilkan  8 peserta yang berhasil mendapatkan juara 1,2 dan 3 dari masing masing cabang dan  langsung mendapat sertifikat penghargaan dari Kepala KUA Kec Ambal.(ar/fz/bd).