Jelang Lebaran, MAN 4 Kebumen Kumpulkan Zakat dan Serahkan Santunan

Kebumen – Kepedulian pada sesama, terutama bagi masyarakat yang kurang mampu merupakan salah satu ajaran pokok dalam agama Islam. Salah satu wujudnya yaitu melalui kewajiban membayar zakat fitrah di bulan Ramadhan. Dalam rangka menanamkan sikap kepedulian di kalangan para pelajar, OSIS MAN 4 Kebumen pada Sabtu (23/04) melaksanakan pengumpulan dan pengemasan zakat fitrah sebelum dibagikan kepada masyarakat.

Acara pengumpulan dan pengemasan zakat fitrah yang bertempat di ruang koperasi itu dikordiner langsung oleh pembina OSIS, Waka Kesiswaan serta pembina Rohis. Kepala MAN 4 Kebumen, Muhamad Siswanto, menjelaskan bahwa pengumpulan zakat fitrah itu merupakan kegiatan yang sangat positif. Sebab selain menjalankan perintah agama juga terdapat nilai pelajaran penting di dalamnya.

Muzakki (pemberi zakat)-nya para guru dan siswa-siswi sendiri. Jadi lebih mudah mengkondisikan. Kita libatkan OSIS dan anggota Rohis tidak lain untuk melatih tanggung jawab, kepedulian dan semangat rela berkorban dari mereka. Jadi kegiatan seperti ini tetap ada nilai-nilai edukasinya yang dapat dipetik oleh siswa daripada sekadar rutinitas saja,” ungkap Siswanto.

Selain pengumpulan dan pengemasan zakat fitrah, dalam kegiatan tersebut Siswanto juga menyerahkan santunan kepada sekitar 25 guru dan pegawai tidak tetap (GTT-PTT) non-PNS di lingkungan MAN 4 Kebumen.

“Saya harap Bapak Ibu tidak menilai berapa nominalnya ya. Insya Allah saya ikhlas dan ini merupakan rasa terima kasih saya kepada panjenengan yang saya lihat dengan mata kepala saya sendiri sudah bekerja membantu dengan penuh dedikasi pada madrasah ini. Meski tidak seberapa mudah-mudahan membawa berkah bagi bapak ibu semua,” kata Siswanto di akhir sambutannya.(@papirose/fz/bd).