Kabar Gembira, Saudi Ijinkan 1 Juta Jamaah Berangkat Haji Tahun Ini

Kebumen – Berita gembira datang untuk calon jamaah haji Indonesia tahun ini, sebab Pemerintah Kerajaan Arab Saudi melalui surat Menteri Haji dan Umroh resmi mengumumkan penyelenggaraan haji tahun 1443 H/ 2022 M. Informasi resmi menyebutkan bahwa kerajaan  arab saudi akan menerima jamaah dari luar negaranya dengan total jamaah mencapai 1 juta orang. Demikian  disampakan Kepala Kantor Urusan Agama(KUA) Kecamatan Ambal,  saat memberikan sambutan pada Bimbingan Manasik Haji Sepanjang Tahun putaran ke-8 yang jatuh di bulan Ramadhan, Sabtu (9/4/2022), bertempat di Gedung Ikatan Persuadaraan Haji Indonesia (IPHI), Desa Singosari, Kec Ambal.

Menurut Kheroni kita semua patut bersyukur calon jamaah haji Indonesia tahun ini bisa berangakat.” Syukur alhamdulillah kita panjatkan kepada Allah, sebab tahun ini jamaah haji indonesia diizinkan berangkat.” ujarnya.

Hal ini sungguh sangat mengembirakan,mengingat 2 tahun terakhir Indonesia tidak memberangkatkan jamaah haji dikarenakan adanya wabah Covid-19 yang mendunia, imbuhnya.

“Dengan kepastian adanya keberangkatan jamaah haji tahun ini mari kita maksimalkan persiapan kita bersama. Bagi Bapak/Ibu yang belum vaksin lengkap segera vaksin nggih…..! ” Ajak Khaeroni.

“Dan tentunya sembari menunggu seberapa besar kuota haji yang akan diberikan kepada Indonesia,” tambahnya.

Kegiatan Bimbingan Manasik Haji Sepanjang Tahun kali ini diisi dua pemateri utama, masing masing KH Muhtarom LC dari Desa Kradenan  yang menyampaikan materi, Mabit  dan melontar jamrah. Sedangkan pemateri kedua KH Sofiurohman M.Ag dari Desa Singosari menyampaiakan materi  Tawaf  dan Sa’i.

Dalam kesempatan yang sama setelah menyimak materi yang disampaikan narasumber para calon  jamaah haji mempraktekkan dengan antusias dan bersemangat. Puluhan jamaah mengikuti gerakan sesuai arahan dari pembimbing hingga akhir acara. Sebagai infomasi bahwa program Bimbingan Manasik Sepanjang Tahun Kemenag Kabupaten Kebumen mewajibkan 6 kali pertemuan, namun untuk Kecamatan Ambal dilakukan 10 kali pertemuan dengan maksud, calon jamaah  haji betul-betul paham dan mengerti teori dan praktek manasik haji.(ar/fz/bd).