Kajian Menyongsong Keberkahan dan Keridhaan Bagi ASN Kemenag Brebes

Brebes – Dalam rangka menyemarakan syiar Islam di bulan Ramadhan, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes mengadakan serangkaian kegiatan untuk mengisi bulan suci bagi umat Islam ini dengan kegiatan yang bermanfaat untuk peningkatan kualitas keagamaan ASN Kantor Kemenag Brebes.

Bertempat di musholla  Al Ikhlas, semenjak amal ramadhan dan mendengkati akhir Ramadhan tahun ini, ASN Kemenag Brebes telah banyak melaksanakan aktifitas bermanfaat dalam rangka mengisi amaliyah di bulan Ramadhan ini, yang salah satunya setiap Senin sampai Kamis Bada Dzuhur diselenggarakan kegiatan pengajian yang mengupas tentang kajian tafsir terjemah Kitab Kuning bidang Fiqh Islam oleh Seksi Bimas Islam.

Kajian tafsir oleh KH. Dzaeruki AH. sudah dimulai Selasa, (05/04/22) merupakan jadwal pertama dimulainya pelaksanaan pengajian Bada dzuhur  dan akan berakhir pada Kamis, 28/04/2022 Pelaksanaan kajian ini dilaksanakan pada jam istirahat yakni ba’da dhuhur selepas shalat hingga pukul 13.00 WIB.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes, H. Fajarin dalam sambutannya, pada hari pertama kajian, mengungkapkan tujuan pelaksanaan kegiatan ini untuk mengisi kegiatan amaliyah di bulan suci Ramadhan 1443 H. “ Kita akan menimba ilmu sama-sma dari Bapak KH. Dzaeruki, AH. tentang Fiqh Keseharian kita semoga yang hadir pada hari ini dapat memahami dan mengamalkan ilmu-ilmu yang di dapat selama bulan Ramadhan sehingga kehidupan kita dapat lebih bermakna dan mendapatkan keberkahan dalam Hidup,” ungkap KH. Dzaeruki AH.

“Bulan Ramadhan adalah bulan tarbiyah. Kita sebagai ASN selayaknya memanfaatkan bulan ini untuk banyak belajar dan  beribadah, bertobat dan berazam memperbaiki kehidupan dan dapat lebih bermanfaat bagi keluarga masyarakat bangsa dan negara,” imbuhnya.

“Kita dalah mahluk cipta-Nya yang diberikan tugas untuk beribadah kepada Allah SWT sebagai Pencipta, sebagai seorang  hamba yang senantiasa mengharap ridha dan pertolongan dari Allah SWT, sehingga dapat menjalani kehidupan di dunia dan akhirat ini  dengan selamat,” pungkasnya.

Kegiatan ini menjadi keharusan yang dikuti oleh seluruh ASN Kemenag Brebes yang pada saat ini sedang tidak bertugas keluar kantor,  tidak sedikit ASN yang mengikuti kajian ini mendengarkan dengan seksama penjelasan yang disampaikan oleh KH. Dazerukhi. Serius tapi santai mewarnai kajian tafsir selama kurang lebih 60 menit ini. Sesekali pemateri memberikan selingan berupa candaan yang membuat rasa Kantuk para ASN buyar atau hilang.

Dengan adanya kajian ini, ASN dimudahkan untuk memperoleh tamabahan ilmu dalam mengarungi bahtera kehidupan setiap ASN Kemenag Masing-masing  untuk satu tujuan memperoleh ridha dan keberkahan dari Allah SWT.(Hid/Sua)