Melaju ke Babak Final KOSSMI, Lima Siswa MIN 1 Kebumen Siap Berlaga di Jakarta

Kebumen – Ahad (24/4) merupakan hari yang membahagiakan bagi MIN 1 Kebumen, di mana calon peserta babak final KOSSMI diumumkan serentak. Lima dari enam siswa yang mengikuti babak semi final KOSSMI dinyatakan lolos melaju ke 25 besar yang siap berlaga di Jakarta.

Kompetisi Sains Siswa Muslim Indonesia (KOSSMI) merupakan ajang kompetisi dalam bidang sains yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia bekerjasama dengan Abak Academy dan Surya Institute for the Promotion of Sains (SIPS). Ajang ini diselenggarakan dalam tiga tahap. Tahap pertama adalah babak penyisishan yang diikuti oleh ribuan siswa dari seluruh penjuru tanah air. Dari ribuan peserta ini, kemudian dijaring 110 peserta babak semi final. Kedua babak ini dilaksanakan secara daring di sekolah/madrasah masing-masing. Babak final akan dilaksanakan secara luring di Jakarta pada 21 Mei 2022.

Lima siswa MIN 1 Kebumen yang melaju ke babak final terdiri dari tiga peserta mata pelajaran IPA level 1 dan dua peserta mata pelajaran Matematika level 1. Tiga peserta mata pelajaran IPA yaitu Muhammad Ilzamul Haq (kelas 3), Muhammad Nadhir Khoirul Azmi (kelas 3), dan Athaullah Tsaqib Nurul Qolbi (kelas 1). Sedangkan peserta mata pelajaran Matematika yaitu Dirga Ahmad Ramdhani (kelas 3) dan Muhammad Maher Almas (kelas 1).

Kepala MIN 1 Kebumen, Hj. Widyastuti yang selalu mendukung dan memotivasi pembimbing dan peserta dalam semua bentuk  kegiatan menyatakan rasa bangganya. Ia menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap perjuangan pembimbing dan peserta hingga bisa melaju ke babak final KOSSMI. Ia berharap, peserta dapat mengikuti babak final dengan lancar dan mendapat kejuaraan.

“Sungguh ini karunia indah di bulan penuh berkah yang harus kita syukuri dan kita jadikan pesona untuk semua siswa MIN 1. Kesungguhan belajar dan berdoa akan membawa keberhasilan” tuturnya.

Salah satu peserta, Muhammad Ilzamul Haq, menyatakan rasa bangganya bisa melaju sampai ke babak final. “Terima kasih ibu kepala madrasah dan guru pembimbing. Semoga kami dapat belajar lebih baik dan bisa mendapat kejuaraan di babak final. Saya harus bisa!” tukasnya dengan penuh semangat.(dw/fz/bd).