Penyuluh Agama Islam Dampingi Tadarus ASN Kecamatan Jatipuro Selama Ramadhan

Jatipuro – Penyuluh Agama Islam bersama ASN Kecamatan Jatipuro mengawali aktivitas di hari pertama selama ramadhan dengan bertadarus Al Quran. Kegiatan ini disambut baik oleh para ASN Kecamatan Jatipuro yang dipimpin oleh Camat Jatipuro.(4/04/2022). Bertempat di Aula Kecamatan Jatipuro, kegiatan ini akan dilaksanakan setiap hari selama bulan Ramadhan.

Camat Jatipuro, Kusbiyantoro menyampaikan seluruh ASN Kecamatan Jatipuro diharapkan untuk memulai kegiatan pelayanan dengan tadarus bersama, kecuali apabila pada saat itu harus melaksanakan pelayanan segera maka tetap melaksanakan pelayanan.

“Sesuai instruksi Bapak Bupati agar melaksanakan tadarus di instansi masing-masing selama Ramadhan, maka kami bersinergi Bersama dengan penyuluh Agama Islam dari KUA Jatipuro untuk mendampingi tadarus ini selama bulan Ramadhan setiap pagi sebelum melaksanakan pelayanan pada masyarakat,” jelas Kusbiyantoro.

“Kegiatan ini dihadiri seluruh ASN Kecamatan Jatipuro, di mulai tepat pukul.08.00 WIB sampai dengan selesai di dampingi oleh Penyuluh Agama Islam Kecamatan Jatipuro dan dilanjutkan dengan membaca Al qur’an secara bergiliran. Kegiatan tadarus bersama diharapkan bisa istiqomah setiap harinya, sehingga setelah Ramadhan nanti mereka sudah biasa dengan kebiasaan baik ini,” tambah Kusbiyantoro.

Roh Kayati, Penyuluh agama Islam menjelaskan bahwa kegiatan Tadarusan Al-Qur’an diadakan semata-mata untuk meningkatkan ketakwaan serta menggapai ridha Allah SWT.

“Bulan Ramadhan disebut juga sebagai bulannya Al-Qur’an. Jadi, salah satu yang membuat bulan Ramadhan menjadi bulan mulia karena Al-Qur’an turun saat Ramadhan. Turunnya Al-Qur’an saat Ramadhan juga telah membuat malam lailatul qadar menjadi istimewa. Maka, amal terbaik yang bisa dilakukan di bulan Ramadhan adalah membaca Al-Qur’an, selain melaksanakan ibadah-ibadah wajib lainnya. “Seperti yang dilakukan oleh para sahabat, mereka qiyamul lail itu mengkhatamkan Al-Qur’an, dan Rasulullah SAW setiap bulan Ramadhan membacakan Al-Qur’an di hadapan Malaikat Jibril,” ujar Roh Kayati.(ida/sua)