Pesantren Ramadhan MTsN 2 Kebumen Tekankan Siswa Untuk Totalitas, Berkualitas dan Tuntas

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kebumen – Tahun ini MTsN 2 Kebumen kembali menggelar pesantren Ramadhan dengan tema “Puasaku Totalitas, Ramadhanku Berkualitas, Belajarku Tuntas”. Dibuka oleh Kepala MTsN 2 Kebumen H. Sugeng Purwanto, Pesantren Ramadhan dilaksanakan pada Rabu sampai dengan Sabtu, 20-23 April 2022.

Dalam sambutannya, H. Sugeng Purwanto menyampaikan bahwa dalam mengikuti Pesantren ini diharapkan semua siswa dapat melaksakanaan puasa dengan sebaik-baiknya dengan menahan diri dari makan dan minum serta hal-hal yang membatalkan puasa, dari terbit fajar hingga tenggelamnya matahari.

“Dalam kesempatan ini juga semua siswa saya harapkan rajin menuai pahala dengan hal-hal yang ringan seperti berpakain rapi saat berangkat sekolah dan membersihkan diri dan lingkungannya dari kotoran, membentuk lingkungan madrasah dan rumah bersih dari sampah, rajin membaca al qur’an, shalat dhuha, shalat rawajib dan shalat wajib jangan sampai bolong karena ketiduran.  Serta harus menghindari bicara ghibah, berkata jorok, kotor misalnya “anjir”. Tutur Sugeng Purwanto dalam sambutan pembukaan.

Ia juga berharap kepada  para pembina (ustad/ustadzah) di pesantren harus menjadi teladan yang baik dalam membina para santri/siswa. Sebagai pegawai dan guru MTsN 2 Kebumen dapat meningkatkan kualitas kinerja untuk tercapainya mutu dan layanan pendidikan dalam mencerdaskan anak-anak bangsa  sebagai generasi emas Indonesia tahun 2045 di MTsN 2 Kebumen khususnya dan di Kabupaten Kebumen pada umumnya.

Kegiatan pesatren Ramadhan di MTsN 2 Kebumen, diisi dengan Pembinaan Akhlak dalam bentuk ceramah keagamaan oleh Kun Farikhah.

“Siswa madrasah harus mengamalkan nilai-nilai akhlakul karimah baik di lingkungan keluarga, madarasah dan masyarakat untuk menjadi generasi yang religius cerdas, dan tangguh dalam menghadapi tantangan masa depan. Sehingga siswa madrasah dapat menjadi teladan bagi orang lain.” Tutur Kun Farikhah. 

Selain kajian, dalam pesantren ini juga dilaksanakan Tadarus Al quran 30 juz, ceramah keagamaan, refleksi dan kuis, zakat, infaq dan shadaqah, berbagi takjil di depan madrasah dan buka bersama. (Brs/fz/bd).