Program Life Skill Bekali Siswa MAN 1 Kebumen Tangguh Hadapi Tantangan Zaman

Kebumen – Salah satu faktor yang menentukan kesuksesan dalam berwirausaha adalah memiliki life skill yang mumpuni. Life skill merupakan keterampilan untuk mengelola aktivitas dan tantangan dalam kehidupan sehari-hari secara efektif. MAN 1 Kebumen konsisten bekali peserta didik dengan kegiatan life skill, meliputi pelatihan komputer, tata busana dan pranatacara yang dilaksanakan sejak 04 s.d 29 April 2022.

Ketiga program tersebut dilaksanakan setiap hari selama bulan puasa, sebagai upaya pendalaman materi keterampilan bagi siswa kelas XII yang tidak lama lagi akan mengakhiri masa belajarnya di Madrasah. Tercatat sejumlah 85 siswa mengikuti program pelatihan sesuai dengan bakat dan minat yang dimilikinya. Kegiatan yang diselenggarakan bagi siswa kelas XII yang ingin fokus ke dunia wirausaha tersebut berkerjasama dengan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) di bawah binaan Dinas Tenaga Kerja Kabupaten kebumen.

Kepala madrasah, Wachid Adib mengajak seluruh siswa yang tidak mengikuti bimbingan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) agar mengikuti pendalaman life skill. “Seluruh siswa kelas XII yang tidak mengikuti bimbingan UTBK agar mengikuti program pendalaman life skill, sebagai upaya madrasah menghantarkan siswanya agar memiliki keterampilan dan bekal yang cukup untuk menghadapi tantangan zaman” tuturnya dalam kesempatan di kelas bersama siswa kelas XII (16/04).

“Di MAN 1 Kebumen siswa tidak hanya dibekali materi pelajaran umum dan agama tetapi juga terdapat Program life skill yang merupakan program unggulan yang ada di MAN 1 Kebumen, selain terdapat pada jadwal rutin program ini juga merupakan pendalaman ketrampilan life skill bagi para peserta didik kelas XII, supaya waktu-waktu terakhir mereka di MAN 1 Kebumen bisa dimanfaatkan untuk hal yang bermanfaat untuk bekal hidupnya kelak.” Hal tersebut disampaikan oleh Siti Fathurahmah selaku waka kurikulum MAN 1 Kebumen.

Pada kesempatan yang lain Siti Fathurahmah menyatakan antusias para siswa yang cukup tinggi dalam mengikuti kegiatan tersebut, seperti yang diungkapkan oleh salah satu peserta didik kelas XII yang mengikuti program life skill tata busana Sevia Dwiyanti Zuchry menyatakan “Saya sangat berterima kasih kepada pihak madrasah yang telah menyelenggarakan program life skill tata busana, sehingga ketika lulus dari MAN 1 Kebumen saya memiliki ketrampilan khusus yang bisa digunakan sebagai bekal hidup saya”, ungkap sevia salah satu peserta program life skil. (tt/fz/bd).