Ramadhan, Pramuka MAN 3 Kebumen Bagikan Ratusan Takjil

Kebumen – Puluhan anggota Pramuka Ambalan Diponegoro dan Dewi Sartika dari Pangkalan MAN 3 Kebumen menggelar aksi peduli dan solidaritas dengan membagikan ratusan takjil. Pembagian takjil dipusatkan Kecamatan Poncowarno tepatnya di depan Pasar Poncowarno, Rabu (13/04) menjelang berbuka puasa. Pembagian takjil gratis ini dilakukan mulai pukul 16.00 WIB sampai selesai.

Pembina Pramuka MAN 3 Kebumen Titik Kurniasari mengungkapkan bahwa aksi pembagian takjil ini digelar dalam rangka kegiatan pramuka peduli khususnya pada bulan Ramadan. Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk menumbuhkan kepedulian dan jiwa sosial bagi anggota pramuka penegak. Dengan harapan takjil tersebut bisa untuk sekedar berbuka puasa oleh penerimanya.

”Aksi bagi takjil ini merupakan ajang menjalin silaturahmi anggota pramuka dan masyarakat umum, dalam rangka menjaga eksistensi pramuka MAN 3 Kebumen yang sempat vakum selama pandemi Covid 19. Selain itu, juga untuk meningkatkan jiwa sosial anggota Pramuka khususnya penegak,” ungkapnya.

Titik menjelaskan, ratusan takjil yang dibagikan berasal dari hasil swadaya anggota pramuka dan bapak/ibu guru pegawai MAN 3 Kebumen.

”Ada 230 paket takjil yang dibagikan. Itu semua merupakan swadaya dari anggota pramuka kelas X, XI dan bapak/ibu guru karyawan dalam bentuk iuran gotong royong,” tuturnya.

Kegiatan itu, lanjutnya, menyasar masyarakat kecamatan Poncowarno dan orang yang melintas di depan pasar Poncowarno. ”Semoga kegiatan ini bisa terus menjadi agenda tahunan setiap bulan Ramadan dan memberi kesadaran sosial untuk peduli terhadap sesama sebagai upaya membentuk jiwa dan karakter Pramuka penegak MAN 3 Kebumen,” pungkasnya.

Kepala MAN 3 Kebumen Ahmad Sultoni sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan ini. Karena menurutnya ini juga merupakan proses pembelajaran siswa untuk lebih memahami pentingnya memiliki sifat kepedulian dan jiwa sosial. Ahmad Sultoni juga berharap kegiatan ini tidak hanya pada saat bulan Ramadan saja, tetapi rutin dilaksanakan dalam kegiatan sosial yang lainnya.(dp/fz/bd).