RAT Koperasi Shirkatul Mu’awanah Kemenag Karanganyar

Karanganyar – Koperasi Shirkatul Mu’awanah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) untuk Tahun buku 2021 dan 2022. Rapat anggota Tahunan yang dilaksanakan via daring  dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar, Wiharso. Kamis (12/4/22).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar, Wiharso dalam sambutannya mengatakan bahwa Rapat Anggota Tahunan (RAT) merupakan forum untuk menyampaikan informasi, baik kebijakan pengurus dan pengawas maupun penyampaian laporan pertanggungjawaban pengurus dari hasil pelaksanaan kerjanya selama dua tahun.

Lebih lanjut Wiharso juga menyampaikan harapannya dengan keberadaan Koperasi Shirkatul Muawanah Kemenag Karanganyar.

“Mesti toko koperasi tidak begitu besar tapi dibalik kursinya semoga lebih besar. Harapannya satu satunya tempat meminjam itu dikoperasi. semoga seluruh anggota apabila mengalami masalah larinya ke koperasi dengan begitu koperasi yang ada ini bisa menjadi sumber utama yang berkembang lebih baik lebih baik dan lebih baik lagi. Tahun ini koperasi sudah mengalami kenaikan dibandingkan tahun tahun sebelumnya,” harapnya Wiharso.

Sementara itu, dalam laporannya Ketua Koperasi Shirkatul Muawanah Kemenag Karanganyar, mengatakan bahwa rapat anggota tahunan ini dilaksanakan  berdasarkan UUD Nomor 25 tahun 1992 tentang perkoperasian pasal 26 ayat (1) dinyatakan bahwa pengurus berkewajiban memberikan laporan kepada rapat anggota tentang segala sesuatu menyangkut tata kehidupan koperasi untuk satu tahun.

“Rapat anggota tahunan merupakan puncak kegiatan dimana anggota mempunyai kekuasaan tertinggi untuk menilai berhasil tidaknya kinerja pengurus,” ungkapnya.

“Di tengah keterbatasan akibat pandemi covid-19, Koperasi Ketua Koperasi Shirkatul Muawanah mampu menyejahterakan anggota dengan membagi sisa hasil usaha (SHU) secara merata kepada seluruh anggota. Koperasi ini harus lebih eksis, berkembang dan inovatif. Mendatang Koperasi Shirkatul Muawanah harus bisa melakukan ekspansi agar bisa diterima di dunia luar dan mampu menjadi salah satu faktor pendukung peningkatan kesejahteraan anggotanya,” lanjutnya.

Meskipun RAT dilaksanakan melalui zoom, namun tidak mengurangi antusiasme anggota untuk mengikuti RAT. Pengundian hadiah hadir dilaksanakan dengan meriah, meskipun pengambilan hadiah dan SHU dilaksanakan bertahap sesuai jadwal agar tidak menimbulkan kerumunan.(ida/sua)