Safari Ramadhan Di Desa Kalisari Jajaran KUA Rowokele, Sosialisasi Program SILANTHING

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kebumen – Dalam rangka sosialisasi SILANTHING (Sistem Layanan Terpadu Haji Keliling), KUA kecamatan Rowokele mengadakan silaturahmi ke Desa Kalisari dan buka puasa bersama pada Kamis, (21/04).  Kegiatan dilanjutkan dengan sholat tarawih di masjid Jami’ Nurul Huda Desa Kalisari . Hadir pada acara ini diantaranya Sunardi Kepala desa Kalisari, Kepala KUA Rowokele Johar Malik, dan Penyuluh Agama Islam Kecamatan Rowokele serta masyrakat desa Kalisari.

Johar Malik, Kepala KUA Rowokele dalam sambutannya menyampaikan program SILANTING kepada Jamaah Masjid Jami’ Nurul Huda.  Dijelaskan Johar Malik, SILANTHING adalah Sistem Layanan Terpadu Haji Keliling, yang saat ini dapat dilayani di KUA Kecamatan Gombong setiap hari kamis.

Menurutnya lebih lanjut, dengan adanya SILANTHINGdi KUA Gombong otomatis akan mempermudah masyarakat untuk mendaftar Haji dan memperoleh informasi tentang haji. Hal ini mengingat letak geografis kabupaten Kebumen  yang membentang luas serta jarak ke Pusat Kota  Kebumen yang jauh dari wilayah Barat (Rowokele, Gombong, Buayan, Sempor).

Sementara Bambang Purwanto Penyuluh Agama Islam Fungsional Rowokele dalam kultumnya menyampaiakan tema “Cintai Nabi, Makmurkan Masjid, Majukan Desa”. Cintai Nabi, Bambang mengajak untuk senantiasa Bersholawat dan selalu mengamalkan apa yang dicontohkannya serta menjauhi apa yang dilarangnya.

Bambang juga mengimbau kepada para jamah agar masjid jangan hanya dijdikan tempat sembahyang wajib saja tapi penting juga untuk pusat-pusat kegiatan sosial, ekonomi dan bidang lain yang dapat memakmurkan masyarakat  untuk kemajuan desa.

“Mumpung ini masih bulan Ramadhan, mari kita sama – sama ramaikan masjid ini dengan berbagai kegiatan yang positif seperti tadarus, iktikaf, pengajian dan lain sebagainya,” ajak Bambang Purwanto.

Menerima kunjungan ini, Sunardi, Kepala desa Kalisari menyampaikan ucapan terima kasih karena desa kaisari  dijadikan tempat  sosialisasi Program SILANTING. Menurutnya, disamping akan memudahkan masyarakatnya ketika mau mendaftar Haji. “Masyarakat kami dimudahkan karena tidak perlu jauh – jauh ke Kebumen,” katanya.

Sunardi menyambut baik hadirnya jajaran KUA Rowokele di Masjid Jami’ Nurul Huda. Adapun program SILANTHING akan disosialisasikan kembali  kepada masyarakat Kalisari yang tidak bisa hadir dalam acara ini.

Senada dengan Kepala desa, Saifudin Suroso, ketua takmir masjid Jami’ Nurul Huda, juga menyambut baik hadirnya program SILANTING. Saifudin merasa sangat senang dan mengimbau kepada jamaah yang ingin mendaftar Haji untuk menyegerakan mendaftar di KUA kecamatan Gombong.(st/fz/bd).