Terapkan Dasa Darma, Pramuka MTsN 6 Kebumen Adakan Bukber

Kebumen – Sebagai bentuk penerapan nilai dasa darma ke-1 dan ke-10, sebanyak 60 anggota Dewan Pramuka kelas VII dan VIII MTsN 6 Kebumen mengadakan buka bersama (bukber) pada Jum’at (22/04). Kegiatan dilaksanakan di madrasah dengan didampingi pembina pramuka dan sebagian guru dan karyawan.

Pembina Pramuka MTs.N 6 Kebumen, Nur Edy Setyono mengajak semua peserta untuk semangat mengikuti kegiatan buka bersama dari awal hingga akhir sebagai bentuk penerapan dari Dasa Darma Pramuka ke-1 dan ke-10 yaitu Takwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan suci dalam pikiran, perkataan maupun perbuatan.

“Mari kita ikuti materi scouting skill dan tadarus Al Qur’an dengan penuh kesungguhan. Sudah menjadi kewajiban anggota pramuka semuanya untuk selalu menaati isi dasa darma,” pesannya saat membuka acara di halaman madrasah.

Menurut Nur Edy, dalam penerapan dasa darma ke-1 yang berbunyi takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa  dan dasa darma ke-10 yang berbunyi suci dalam pikiran, perkataan maupun perbuatan, semua peserta pramuka MTsN 6 Kebumen harus lebih mendekatkan diri kepada Alloh SWT dan senantiasa menjaga tingkah laku untuk membentuk kepribadian luhur yang baik dan bermanfaat untuk lingkungan masyarakat.

Acara dimulai pukul 14.00 WIB diawali dengan kegiatan scouting skill dipimpin oleh kakak pembina pramuka MTsN 6 Kebumen. Selanjutnya, semua peserta melaksanakan salat asar berjamaah. Tadarus Al-Quran 30 juz dipimpin oleh Kak Saiman.

Ketika azan magrib berkumandang, menu buka bersama sudah tertata rapi di hadapan para peserta. Semua peserta duduk rapi bersila di halaman MTsN 6 Kebumen untuk menikmati makan buka puasa bersama. Selanjutnya, semua peserta menuju mushola Al-Ikhlas untuk melaksanakan salat magrib berjamaah. Acara buka bersama berakhir seusai salat magrib berjamaah. (ww/fz/bd).