Tingkatkan Kualitas Membaca Al Qur’an, MTs Negeri 8 Kebumen Gelar Kegiatan Tahsin Al Qur’an

Kebumen – Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh keberkahan dan dimuliakan oleh umat Islam. Dalam rangka mengisi dan memuliakan bulan Ramadhan, Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 8 Kebumen menggelar kegiatan Tahsin Al Qur’an pada Senin (11/04).

Rencananya  kegiatan ini akan terus dilaksanakan secara  terjadwal dari tanggal 11-24 April 2022  di Mushola MTs Negeri 8 Kebumen di bawah bimbingan ustadz dan Ustadzah yang kompeten dari majelis taklim masjid An Nur. Tahsin Al Qur’an yang sudah berjalan di tahun ke dua ini merupakan wujud program madrasah dalam meningkatkan kualitas membaca, memperbaiki dan memperbagus bacaan Al-Qur’an bagi peserta didik.

Kepala MTs Negeri 8 Kebumen, Muhiban dalam sambutannya di pembukaan acara menyampaikan rasa syukur dan menyambut baik kegiatan Tahsin Al-Qur’an ini. Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya, begitu sabda Rasulullah. “Ikuti kegiatan ini dengan niat yang tulus, Insya Allah dengan ketulusan dalam belajar kalian akan berhasil dan menjadi manusia terbaik”, ucapnya.

Muhiban menegaskan belajar ilmu tajwid memang fardu kifayah, tetapi membaca Al-Qur’an sesuai dengan ilmu tajwid itu Fardu ‘ain. “Karena itu teruslah belajar anak-anak, agar bacaan Al-Qur’an kalian semakin baik sesuai ilmu tajwid,” pesannya.

“Semoga dengan berjalannya kegiatan ini di antara kalian kelak ada yang bisa menjadi hafidz hafidzah, menjadi bagian dari para penjaga kemurnian Al-Qur’an, sebagaimana firman Allah surat Al-Hijr ayat 9”, lanjut Muhiban menyampaikan harapannya.

Disela-sela kegiatan salah satu pembimbing Tahsin Al Qur’an ustadz Muhammad Fajar Pamungkas menegaskan pentingnya penggunaan hukum-hukum bacaan dan penerapan kaidah ghunnah di dalam membaca Al Qur’an.

“Kesalahan fatal bisa saja terjadi ketika seseorang membaca Al Qur’an tanpa disertai dengan ilmu tajwid, Kesalahan dalam pengucapan kata sangat memungkinan mengubah makna yang terkandung di dalamnya sekaligus mengubah firman Allah SWT”, terangnya. (diw/fz/bd).