Sosialisasi Kearsipan, Upaya Mewujudkan Pembinaan Kearsipan Yang Berkualitas

Kebumen – Guna mendukung terciptanya tertib pengelolaan arsip dan meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat/pengguna arsip serta penyelamatan arsip yang memiliki nilai guna sejarah, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen mengadakan kegiatan Sosialisasi Kearsipan bagi pengelola arsip di lingkungannya pada Selasa (24/05).

Dilaksanakan di aula setempat, kegiatan sosialisasi ini diikuti 50 peserta pengelola  kearsipan di lingkungan Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Kebumen. Hadir sebagai narasumber Putri Wahyu Pangesti Arsiparis Ahli Pertama dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kebumen.

Kepala Subbagian Tata Usaha Kankemenag Kebumen H. Khamid, saat membuka kegiatan mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan sosialisasi ini dan mendukung penuh program – program arsiparis demi terciptanya tertib administrasi di lingkungan Kankemenag Kabupaten Kebumen.

Menurut Khamid, kegiatan sosialisasi kearsipan ini sangat penting dilaksanakan sebagai upaya mewujudkan pembinaan kearsipan yang berkualitas, dan pengamanan arsip itu sendiri.

“Mengingat hasil kegiatan administrasi dan manajemen terus tumbuh dan berkembang secara akumulasi serta semakin kompleknya tugas organisasi, maka arsip sebagai salah satu sumber informasi dan bukti otentik membutuhkan suatu pengelolaan yang tepat sehingga dapat menciptakan evektifitas, efisiensi dan produktivitas bagi unit kerja di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen,” ujar H. Khamid.

“Arsip yang tercipta di lingkungan Kemenag kebumen harus dapat menjadi sumber informasi, acuan dan dapat dipertanggung jawabkan,” pungkasnya.(fz/bd).