Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional Di MTs.N 3 Kebumen Berlangsung Khidmat

Kebumen – Peringati Hari Pendidikan Nasional, MTs Negeri 3 Kebumen mengadakan upacara bendera Jum’at (13/05). Hari Pendidikan Nasional diperingati setiap tahunnya pada tanggal 2 Mei, namun bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri 1443 H yang jatuh pada 2 Mei 2022 pada tahun ini, peringatan Hari Pendidikan Nasional dilaksanakan pada 13 Mei 2022. Hal tersebut sesuai dengan Surat Edaran Nomor. 28254/MPK/TU.02.03/2022 perihal Pedoman Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022.

Pelaksanaan upacara bendera peringatan Hari Pendidikan Nasional di MTs.N 3 Kebumen dilaksanakan di halaman madrasah dan diikuti oleh seluruh warga madrasah mulai dari guru, karyawan, serta peserta didik. Upacara berlangsung berlangsung khidmat mulai pukul 7.30 s.d selesai dipimpin langsung oleh Kepala MTs Negeri 3 Kebumen, H. Jahroni.

Pada kesempatan tersebut, H. Jahroni membacakan pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Dalam pidatonya, Nadiem Anwar Makarim menyampaikan Kurikulum Merdeka yang terbukti mampu mengurangi dampak hilangnya pembelajaran akibat pendemi Covid-19. Asesmen Nasional saat ini sebagai bahan refleksi agar guru terus terdorong untuk belajar, supaya kepala sekolah termotivasi untuk meningkatkan kualitas sekolahnya menjadi inklusif dan bebas dari ancaman tiga dosa besar pendidikan.

Usai membacakan pidato, H. Jahroni, berpesan agar peserta didik bersiap untuk menghadapi tantangan di masa yang akan datang, baik tantangan di bidang teknologi ataupun yang lainnya. “Jadikan merdeka belajar ini sebagai salah satu cara untuk bersiap menghadapi tantangan masa depan, untuk itu peserta didik harus benar-benar siap menghadapinya.” Pesannya.

Kegiatan upacara bendera peringatan Hari Pendidikan Nasional diakhiri dengan doa bersama. Peserta didik diimbau  langsung masuk ke kelas masing-masing untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.(nh/fz/bd).