Dalam Rangka HUT RI Ke-77, DWP Kemenag Cilacap Gelar Tes IVA dan Sadanis

Ketua DWP Kankemenag Cilacap memberikan sambutan pada pembukaan kegiatan tes IVA dan Sadanis

CILACAP–Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-77 Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap pada hari ini, Rabu (10/08/2022) selenggarakan Tes Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) dan Sadanis,. Kegiatan yang diselenggarakan di 23 Puskesmas di wilayah Kabupaten Cilacap ini diikuti oleh 313 peserta. Jumlah ini melebihi tarjet dari rencana semula 250 peserta.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan melihat Data Global Cancer Statistics yang menyebutkan bahwa kanker payudara dan kanker leher rahim (Serviks) masih menjadi angka kanker tertinggi pada perempuan di Indonesia. Prevalensi yang dilaporkan adalah 17 kematian per 100.000 penduduk untuk kanker payudara dan 13.9 kematian untuk Serviks.

Program Tes IVA dan Sadanis ini merupakan breakdown kegiatan Dharma Wanita Kemenag RI yang di Launching oleh Penasehat DWP Kemenag RI, Ny. Eny Yaqut Cholil Qoumas. Dan hal ini yang menjadi DWP Kementerian Agama menginisiasi dan membreakdown sampai ke Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap dan KUA Kecamatan untuk selenggarakan kegiatan nasional deteksi dini terhadap dua jenis kanker tersebut melalui tes IVA dan Sadanis.

“Alhamdulillah jumlah peserta ini melebihi tarjet yang direncanakan, ini membuktikan bahwa antusias terhadap tes IVA dan Sadanis sangat besar,” ujar Laila Wahyuni Imam Tobroni pada sambutan pembukaan pagelaran tes IVA dan Sadanis serentak yang disentralkan di Puskesmas Cilacap Selatan II, Rabu (10/8/2022).

“Tes IVA dan Sadanis digelar serentak pada 10 Agustus 2022 di 25 KUA di Kabupaten Cilacap bekerjasama dengan 23 Puskesmas di Kabupaten Cilacap,” sambungnya.

Tes Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) merupakan cara sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin. Sedang Sadanis atau periksa payudara klinis adalah pemeriksaan pada payudara oleh tenaga kesehatan (nakes) terlatih.

Kegiatan Tes IVA dan Sadanis dibuka secara seremonial pada 10 Agustus 2022, pukul 09.00 WIB di Loby Puskesmas Cilacap Selatan II yang dihadiri Kepala Dinkes Cilacap, Kepala Kemenag Cilacap Forkopimcam dan Lurah Tegal Kamulyan. (agsbd/fwz/bd)