PAIF & PAIN Jatiyoso Silaturahmi Tokoh Agama di Desa Dalam Rangka Pembangunan Bidang Agama

Karanganyar – Roh Kayati, Koordinator PAIF bersama Penyuluh Agama Islam Non PNS melakukan kegiatan kunjungan di tiga tempat yakni Desa Jatiroyo, Desa Jatikuwung dan Desa Jatiharjo, Selasa, (09/08/2022).

Kunjungan sehari bersama penyuluh Agama Islam Kec.Jatipuro tersebut dimaksudkan untuk silaturahmi dan menjalin kerjasama dengan para tokoh di desa dalam rangka pembangunan bidang Agama. Roh Kayati menyampaikan kunjungan tersebut diterima baik oleh Bapak Kades dan jajarannya.

“Dari kunjungan tersebut diatas mendapatkan respon positif dari tokoh desa, dimana kebanyakan desa bila hendak mengadakan kegiatan sosialisasi bingung untuk mencari narasumber. Dengan adanya kunjungan tersebut jadi tahu tentang bidang-bidang kepenyuluhan. Dan desa berterimasih atas kehadiran para penyuluh Agama Islam Kec. Jatipuro ikut berperan dalam pembangunan bidang agama,” jelas Roh Kayati.

Dijelaskan juga oleh Roh Kayati, bahwa bidang kepenyuluhan ada duabelas bidang. “Dua belas bidang kepenyuluhan antaralain; Pemberantasan Buta aksara Al Qur’an, Kerukunan Umat Beragma, Produk halal, zakat, Wakaf, HIV/Narkoba, Radikalisme, Keluarga sakinah dan ditahun ini ada tambahan empat bidang lagi sesuai Kep Dirjen Bimas Islam no.504 tahun 2022 yakni Moderasi beragama, Haji dan Umroh, Pemberdayaan Ekonomi Umat, Anti Korupsi,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut Roh Kayati juga memaparkan program penyuluh Agama Islam. “Masyarakat perlu tahu program kerja penyuluh agama diantarannya adalah meningkatkan kualitas pemahaman dan pengamalan ajaran agama. Kedua, meningkatkan kerukunan umat beragama. Ketiga, meningkatkan keselarasan atau relasi antara budaya dan agama. Keempat, meningkatkan kualitas pelayanan kehidupan beragama seperti masalah pernikahan, haji, dan memberikan bantuan kitab suci. Kelima, melakukan pemanfaatan ekonomi keagamaan seperti zakat, infaq, sedekah. Sehingga jika masyarakat memerlukan pendampingan terkait hal tersebut, kami para penyuluh menyiapkan tenaga dan waktu dengan senang hati,“ pungkasnya.(ida/sua)