Kankemenag Karanganyar Launching Aplikasi Pelayanan Rekom Umroh dan Rekom Sekolah di Luar Negeri Online

Karanganyar – Tingkat antusiasme masyarakat dalam melaksanakan ibadah umroh  semakin hari semakin meningkat. Dalam rangka memberikan akses layanan kepada masyarakat tentang pembuatan rekom umroh yang lebih cepat dan tepat. Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Karanganyar, Wiharso melauncing aplikasi pembuatan Rekom Umroh dan Rekom Study ke Luar Negeri secara online, 22/9/2022 di Aula Kantor DPRD Kab. Karanganyar.

Dalam sambutannnya, Wiharso berharap dengan Aplikasi Rekom Umroh dan Sekolah ke LN online ini layanan terhadap masyarakat akan semakin baik, transparan dan akuntabel. Masyarakat akan lebih dimudahkan dengan adanya sistem online ini karena tidak harus bersusah-susah membawa berkas ajuan ke Kantor Kemenag Karanganyar.

“Aplikasi Pelayanan Rekom Umroh dan Rekom Sekolah di Luar Negeri online ini merupakan salah satu bagian dari Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kementerian Agama Kab. Karanganyar. Masyarakat akan lebih mudah memantau secara mandiri perkembangan prosesnya,” kata Wiharso.

Selain hal tersebut, Wiharso juga meminta kepada penyuluh dan pegawai terkait aktif dalam mensosialisasikan aplikasi ini agar diketahui oleh masyarakat di wilayah masing-masing.

Aplikasi Pelayanan Rekom Umroh dan Rekom Sekolah di Luar Negeri secara online ini akan mempermudah dan memperlancar proses pembuatan rekom paspor umroh dan rekom sekolah ke Luar negeri ini bisa diakses pada: mal pelayanan kemenag.go.id. Saat ini aplikasi Aplikasi Pelayanan Rekom Umroh dan Rekom Sekolah di Luar Negeri online sudah bisa diakses oleh masyarakat dan seluruh ajuan harus berbasis online.

Aplikasi rekom sekolah keluar negeri, selama ini di akses oleh para santri – santri alumni ponpes yang ingin melanjutkan kuliah ke Madinah, Yaman dan Turki. Para penggunanya adalah generasi milineal yang melek digital sehingga sangat terbantu dengan adanya aplikasi online ini mengingat domisili rumah yang jauh dengan Ponpesnya dulu tempat mereka belajar.

Perkembangan teknologi dan informasi menjadi alasan paling mendasar aplikasi ini kita buat. Harapannya  aplikasi layanan digital ini dapat terus beradaptasi sesuai tren perkembangan jaman(ida- sua)