8.000 Ijazah Didistribusikan Kepada Madrasah

Rembang – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang sudah mendistribusikan sekitar 8.000 ijazah ke semua jenjang madrasah, yaitu RA, MI, MTs dan MA. Pendistribusian ini disertai dengan sosialisasi penulisan ijazah yang sudah kelar diadakan secara daring.

Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Rembang, Syadullah mengatakan, sebanyak ijazah untuk siswa yang sudah lulus tahun ajaran 2020/2021 sudah diserahkan ke masing-masing madrasah. Rinciannya, 1481 eksemplar untuk RA, 1014 blanko untuk MI, 3394 blanko untuk MTs dan 2143 untuk MA.

Selanjutnya, madrasah melakukan penulisan ijazah sesuai dengan petunjuk teknis yang sudah diberikan. “Kami juga sudah melakukan sosialisasi penulisan ijazah kepada semua jenjang madrasah. Sosialisasi kami lakukan secara daring. Kami harap ijazah ditulis secara teliti, baik identitas siswa dan lainnya. Karena di dalam penulisan ijazah ini tidak boleh ada kesalahan,” kata Syadullah.

Syadullah menambahkan, petugas penulis ijazah diminta untuk mengecek nomor seri ijazah melalui aplikasi scanner. Apabila ada yang ganda atau meragukan, ijazah bisa dikembalikan dengan menyertakan berita acara.

“Install dulu aplikasi scanner, lalu cek nomor seri ijazah dengan aplikasi ini. Apabila double, bisa dikembalikan dengan berita acara,” kata Syadullah.

Apabila ada kekukurangan ijazah atau nomor seri meloncat, pihak madrasah bisa mengajukan permohonan kekurangan blanko ijazah.

“Bila ditemukan kasus ini di madrasah setelah diserahterimakan dari Kemenag Kab/Kota, pihak madrasah bisa mengajukan permohonan kekurangan blanko ijazah. Surat permohonan atas nama Kepala madrasah,” kata Syadullah. — iq