Satker Diimbau Kiblat Pencairan Anggaran adalah RPD

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang, Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Semarang menggelar rapat koordinasi (rakor) percepatan realisasi aggaran tahun 2022, Senin (23/5/2022).

Bertempat di aula Kankemenag Kota Semarang, kegiatan diikuti oleh penanggung jawab pengelola keuangan dan pelaksanaan kegiatan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun Anggaran (TA) 2022.

Agenda rakor kali ini untuk melihat proges realisasi anggaran pada masing-masing unit kerja, serta hambatan/kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan dimaksud.

Rakor dipimpin langsung oleh Kepala Kankemenag Kota Semarang selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA). Dalam pengarahannya ia menyampaikan pentingnya dilakukan akselerasi realisasi anggaran TA 2022. “Jika kegiatan bisa dilakukan sekarang mengapa harus ditunda? Kita petakan kembali kegiatan-kegiatan yang bisa kita percepat pelaksanaannya,” tutur Mukhlis Abdillah Kepala Kankemenag Kota Semarang.

“Sebagaimana imbauan dari Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Provinsi Jawa Tengah, yaitu realisasi anggaran pada bulan Juni adalah minimal sebesar 50%, sedangkan jika merujuk pada imbauan Menteri Agama, kondisi pada bulan dimaksud angka serapannya diharapkan bisa mencapai 70%,” sambungnya.

Dalam rakor, masing-masing satuan kerja (satker) menyampaikan kendala yang dihadapi serta rencana realisasi anggaran utamanya sampai dengan semester I.

Pada kesempatan tersebut, Perencana Kankemenag Kota Semarang mengimbau agar masing-masing satker dapat menyusun Rencana Penarikan Dana (RPD) yang dibuat mingguan sampai dengan bulan Juli mendatang, serta menjadikan RPD sebagai acuan dalam pelaksanaan realisasi anggaran. “Tidak sekedar menyusun RPD, kami mohon satker juga mematuhi RPD yang telah dibuat, jika penarikan direncanakan dilakukan pada minggu kedua bulan Mei maka jangan ditarik di bulan Juni. Ketidaktepatan pencairan anggaran dengan RPD yang telah dibuat akan mempengaruhi penilaian halaman 3 DIPA yang akan berimbas pada buruknya nilai IKPA (Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran) kita,” terang Andina Kartika Sari Perencana Ahli Muda pada Kankemenag Kota Semarang.

Di akhir rakor, Mukhlis mengimbau soliditas dari seluruh unsur di Kankemenag Kota Semarang untuk mewujudkan realisasi anggaran sesuai dengan target capaian yang diharapkan yaitu sebesar 70% pada akhir semester I.(NBA,/bd)