Apel Penghormatan Bendera Merah Putih dan Doa, Perkokoh Sikap Kesadaran Berbangsa dan Bernegara

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB.PEKALONGAN,- Kantor Kementerian Agama kabupaten Pekalongan menggelar Apel Penghormatan Bendera Merah Putih dan Do’a pada tanggal 17 Oktober 2022, bertempat di halaman Kankemenag Kabupaten Pekalongan. Senin, (17/10/2022).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan, H. Sukarno, MM selaku Pembina Apel pada kesempatan itu dalam amanatnya mengatakan bahwa Apel Penghormatan Bendera Merah Putih dan Doa ini merupakan implementasi dari Instruksi Menteri Agama Nomor 2 Tahun 2021 yaitu untuk memperkokoh sikap kesadaran berbangsa bernegara dan cinta tanah air serta meningkatkan pengabdian tanggung jawab dan disiplin pegawai Aparatur Sipil Negara Kementerian Agama.

Dalam instruksi menteri Agama nomor 2 tahun 2001 dinyatakan bahwa menteri agama menginstruksikan agar seluruh ASN Kemenag melaksanakan penghormatan bendera merah putih pada setiap tanggal 17 bulan berjalan yang jatuh pada hari kerja, menggunakan pakaian dinas harian sesuai dengan hari kerja sebagaimana ditetapkan dalam surat edaran menteri Agama nomor 12 tahun 2021 tentang pakaian dinas harian pegawai atau sipil Kementerian Agama.

“Penghormatan terhadap Bendera Merah Putih dan doa bersama merupakan langkah bijak demi memperkokoh sikap kesadaran berbangsa dan bernegara dan cinta tanah air, serta mewujudkan nilai-nilai religius dalam kehidupan beragama di tanah air kita tercinta ini, ” tutur Sukarno

Dalam arahannya Kakankemenag juga berpesan agar seluruh jajaran Kemenag Kabupaten Pekalongan untuk menjaga Kesehatan “Saya mengingatkan bahwa sekarang, kita sudah masuk musim penghujan, untuk itu mari kita jaga kondisi kesehatan kita masing-masing,”ingatnya.

Ia juga menyampaikan tentang rangkaian agenda kegiatan Hari Santri Tahun 2022 tingkat Kabupaten Pekalongan, dimulai dengan Ziarah di Jawa Timur

“Insyaallah kita mulai besok hari selasa dan rabu nanti ada undangan dari pemerintah Kabupaten Pekalongan untuk melaksanakan ziarah di Jawa Timur, Insyaallah nanti kita rapatkan karena fluktuatif selalu berubah dinamis baik waktunya, jumlah pesertanya, tapi sudah positif nanti hari selasa dan rabu bahkan untuk pemberangkatannya nanti jam 21.00 di pendopo Kabupaten Pekalongan”

“Selanjutnya pada hari Jumat Jalan sehat di Islamic Center, kemudian besoknya hari Sabtu tanggal 22 oktober itu ada apel akbar, kemudian untuk malamnya ada pengajian kemudian paginya yang terakhir adalah kegiatan terkait dengan Expo hari santri, “urainya.

Terakhir Sukarno mengingatkan kepada jajaran pejabat perbendaharaan, “khusus teman perbendaharaan saya ingatkan persiapkan langkah-langkah akhir tahun,  sekaligus untuk mempersiapkan tahun 2023 postur anggaran kita, kemudian apa yang perlu kita siapkan di tahun 2023 untuk program kerja kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan, “ingatnya. (MTb/bd)