Hebat! MTsN 1 Kebumen Juara I Lomba Konten Video Youtube APBN 2022

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Jakarta (Humas) – Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kebumen menjadi juara I dalam ajang Lomba Konten Video  Youtube Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Penganugerahan dilaksanakan pada Kamis (27/10) di Jakarta.

Dalam konten video tersebut terdapat enam peserta didik yang memiliki peran masing-masing. Mereka ialah Maritsa Xaviera Ayu sebagai Anis, Naila Zhafirah S sebagai Farah, Jihan Hasna Shabrina Bu Halimah, Cosy Firyal Zahra sebagai Tantri, dan Muhammad Akhyar Ad Dafiq sebagai Mbah Lasin.

Perlombaan ini terselenggara berkat kerjasama antar unit eselon 1 terkait di Kementerian Keuangan dalam rangka untuk memperluas edukasi kepada msyarakat terutama generasi muda tentang instrumen keuangan negara. Usai pengumuman via zoom, Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati sempat menyapa para guru yang hadir dalam menyaksikan dan berdialog, khususnya dengan peserta didik sebagai pemain dalam film tersebut.

“Selamat atas kemenangannya dalam membuat konten Youtube APBN,” tutur Sri Mulyani sumringah

Sri Mulyani juga menanyakan mengapa mereka memilih mengikuti lomba konten APBN dan menyajikan pilihan konten tersebut.

“Alasan kami memilih konten APBN karena konten tersebut sangat menarik bagi kami. Kebetulan, asrama dan gedung perpustakaan kami dibangun menggunakan dana APBN,” tutur Diana yang disambut dengan tepuk tangan meriah hadirin.

“Jadi Diana sudah melihat langsung manfaat APBN dalam bentuk asrama dan perpustakaan, sehingga ingin mengetahui APBN itu uangnya dari mana dan kemudian apa manfaatnya bagi masyarakat,” tutur Sri Mulyani.

“Sekali lagi selamat ya! Ini jadi motivasi kalian untuk kenal APBN. Jadi APBN itu Anggaran Pendapatan Belanja Negara. Ada pendapatan ada belanja, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia. Jadi makanya kita selalu menggunakan APBN itu “uang kita”, kita mengambil pajak dari masyarakat, kita  menagmbil peneriamaan cukai dari masyarakat, kita mendapat pendapatan bukan pajak dari masyarakat, bahkan kita hutang dan semua dikembalikan kepada masyarakat. Hasilnya ekonomi maikn bagus, masyarakat makin maju kemudian bisa lagi mengasilkan pendapatan,” imbuhnya.

Sri Mulyani juga menyampaikan bahwa seluruh delegasi MTSN 1 Kebumen termasuk orang-orang yang sudah memahami “uang kita” dan berharap supaya kian hari kian paham akan manfaat APBN yang sebenarnya.

Kepala MTsN 1 Kebumen juga menyampaikan selamat kepada pada pemain utama dan semua pihak yang sudah mendukung terwujudnya film atau video ini. (ps/rf)