KKG PAI Kecamatan Pedurungan Bahas Agenda Kegiatan Semester II

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang – Kelompok Kerja Guru (KKG) Pendidikan Agama Islam (PAI) Kecamatan Pedurungan mengadakan kegiatan pertemuan rutin pada Rabu (15/02/2023) di SD Islam Primadana.

Dalam kegiatan tersebut hadir pula Kepala Sekolah setempat Musino, yang dengan penuh keramahan membuka acara.

Kepala Sekolah dengan latar belakang pendidikan agama ini memberikan pesan penting bagi para GPAI. “PAI jangan dipahami sebagai sains saja, namun bagaimana supaya bisa untuk beribadah, agar dapat fiddunyanya dan juga fil akhirat,” ucapnya.

Pada bagian selanjutnya, Solikin, pemandu acara, menyampaikan agenda pertemuan hari itu seperti, persiapan menghadapi lomba MAPSI, acara manasik, ujian praktik bagi siswa kelas 6, PTS, PHBI Isra Mi’raj dan kegiatan Ramadhan.

Dalam kegiatan tersebut, pembahasan dipimpin langsung oleh Hartono selaku Sekretaris KKG PAI Kecamatan Pedurungan dan Faojin selaku Pengawas PAI Kankemenag Kota Semarang.

“Pelaksanaan MAPSI tingkat kecamatan akan dilaksanakan sekitar bulan Agustus, dimana 10 cabang lomba di backup oleh Dinas Pendidikan dan 4 cabang lainnya dilaksanakan mandiri tingkat kecamatan. Penjurian dilakukan lintas kecamatan dengan juara putra-putri digabung,” jelas Hartono.

“Sedangkan kegiatan manasik direncanakan dilaksanakan di Fatimah Zahra Semarang,” imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, Faojin menjelaskan tentang materi ujian praktik kelas 6 yang sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya. Ia memberikan saran kepada GPAI agar memaksimalkan kegiatan Dabin, memberikan pelayanan terhadap peserta didik yang tidak terlayani dalam kegiatan BTQ. “Ujian praktik kelas 6 sedikit berbeda jika dibandingkan tahun lalu, untuk itu kami mengimbau kepada Bapak/Ibu Guru Pendidikan Agama Islam untuk melakukan pendampingan yang lebih intensif kepada peserta didik. Bagi siswa yang kemampuan baca tulis alqurannya kurang karena keterbatasan jam BTQ, maka bisa diberikan tambahan pembelajaran BTQ diluar KBM, tentunya tetap atas seijin kepala sekolah,” tuturnya.

Masih dalam forum yang sama, Faojin memberikan arahan dan pembinaan kegiatan-kegiatan guna peningkatan produktivitas GPAI, dan juga alternatif kegiatan dalam menghadapi PHBI dan Ramadhan.(Rahmat Sarjito/Faojin/NBA/bd)