Tahsinul Quran

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB.PEKALONGAN, – Sabtu (8/5/23) Tahsinul Quran menjadi salah satu materi pesantren intensif Ramadan. Tujuan materi Tahsinul Quran agar peserta didik mampu membaca Al Quran secara tartil dan sesuai kaidah. Tahsinul Quran yang diusung pada kegiatan ini meliputi Makharijul Huruf dan Sifat-Sifat Huruf.

Misbahudin, S.Pd.I. memaparkan materi Tahsinul Quran dengan menarik dan kreatif serta implikatif. Menarik mampu menarik perhatian peserta. Kreatif menyajikan metode pembelajaran yang hidup. Implikatif melalui aplikasi secara langsung tahsinul Quran seperti pembelajaran model, video dan praktik secara langsung.

Di sisi yang berbeda Rosehan, M Pd.I. menuturkan materi Tahsinul Quran di aula. Berbekal kompetensi tahsinul Quran yang handal dan kemampuan Qiroah mengantarkan peserta larut menyimak. Suaranya yang merdu meluluhlantakan peserta menginginkan kemampuan tahsinul Quran.

Makharijil huruf merupakan tempat keluar huruf hijaiyah. Makharijul huruf ada yang dikeluarkan melalui tenggorokan, membuka mulut dan bibir. Sifat-sifat huruf pun disampaikan seperti hams/samar, jahr/jelas, syiddah/kuat, rukhawah/lembut, tawazud/tengah-tengah dan ithbaq/tertutup. Kaidah tajwidpun dilontarkan kepada peserta agar mampu membaca dengan baik.

Tahsinul Quran merupakan sarana mempelajari bacaan Al Quran sesuai kaidah agar tartil. (MD-NA/MTb/bd)