Matangkan Persiapan, Kemenag Brebes Gelar Rakor Penyelenggaraan Haji 2023

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Brebes – Selasa, (18/04/23) Dalam rangka mematangkan persiapan penyelenggaraan Ibadah Haji musim haji 1444H/2023M, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes menggelar rapat koordinasi persiapan penyelenggaraan haji di Aula PHU Lt. 2 Komplek Kantor Kmenterian Agama Kabupaten Brebes.

Rapat dipimpin oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabapaten Brebes menghadirkan Kabag kesra Pemda Brebes, Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes,   Bank Penerima Setoran Haji (BPS),yakni dari BSI, Kasubbag TU, Kasi PHU dan serta panitia Internal Kemenag Brebes.

Rapat koordinasi digelar bertujuan dalam rangka membahas persiapan penyelenggaraan ibadah haji musim haji 1444 H/ 2023 M.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes, H. Fajarin  dalam sambutannya menjelaskan tentang pentingnya persiapan menjelang musim haji tahun 1444 H, hal ini tentunya terkait dengan peran dari berbagai pihak yang akan bersentuhan langsung dengan pelayanan para jamaah haji.

“Ini adalah bentuk dari kerja sama kita dalam rangka membahas langkah-langkah strategis apa yang perlu dipersiapkan dalam menghadapi persuapan keberangkatan dan kepulangan musim haji tahun ini. Dimana Calon Jamaah haji kabupaten Brebes akan di Berangkatakan ketanah Suci pada gelombang 1 pada awal  Juni 2023,” ujarnya.

Sementara itu Kasi PHU Hj. Julaecha mengatakan pada tahun 2023 jamaah haji Kabupaten Brebes mendapatkan kuota sebanyak 806 orang yang tergabung dalam kloter 32, 33, 34 dan 35. Dari jumlah tersebut diantaranya merupakan lansia sehingga perlu penanganan lebih khusus.

“Ada sekitar 70 persen jamaah haji kategori lansia. Lansia ini berusia di atas 65 tahun,” kata Hj. Julaecha.

Beliau mengharapkan kepada Dinas Kesehatan untuk berusaha seoptimal mungkin untuk memberikan pelayanan terbaik karena sangat diperlukan pemeriksaan yang intens terhadap kesehatan bagi jamaah tersebut, terutama bagi jamaah yang lansia.

Pada kesempatan itu Julaecha juga menyampaikan kebijakan terhadap pembinaan jamaah haji, seperti pelaksanaan manasik yang dilakukan oleh Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) dan yang dilaksanakan oleh Kementerian Agama melalui Seksi PHU Kemenag Brebes.

Julaecha Memohon kesediaan kepada segenap jajaran yang terkait agar siap dan sigap, mulai dari persiapan keberangkatan dan kepulangan para jamaah juga terkait dengan kesehatan jamaah, hingga pelaksanaan musim haji 1444 H dapat berjalan dengan baik dan lancar, mulai dari persiapan keberangkatan sampai pemulangan jamaah nantinya.

Sementara itu dari perwakilan Dinas Kesehatan Brebes didampingi, Petugas Haji Dinas Kesehatan Kabupaten Bebes mengatakan, bahwa pihaknya telah mulai melaksanakan pemeriksaan kesehatan jamaah tahap satu sesuai dengan wilayah kerja masing-masing puskesmas di setiap kecamatan dan mengimbau agar semua jamaah segera memeriksakan kesehatan, karena dikhawatirkan kalau ada jamaah menderita penyakit kronis

“Kita mengimbau kepada seluruh jamaah untuk segera memeriksakan kesehatannya, karena dikhawatirkan nanti jika ada jamaah yang menderita penyakit kronis. Dan jika itu memang ada maka akan dilanjutkan dengan pemeriksaan tahap kedua di rumah sakit,” ujar perwakilan dari Dinas Kesehatan. Selain itu juga diminta kepada para jamaah, agar segera melakukan vaksin booster ketiga.(hid/Sua).