Kakankemenag Brebes Pastikan AM Berjalan Lancar Bagi Siswa Kelas 9

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Brebes – Asesmen Madrasah (AM) tahun pelajaran 2022/2023 untuk tingkat MTs di Kabupaten Brebes dilaksanakan mulai Kamis -Jumat (04-12/05/2023). AM diikuti oleh seluruh  peserta didik kelas 9, yang merupakan tahapan kegiatan akhir menjelang kelulusan. Kegiatan AM yang dilaksanakan berbasis CBT. Peserta didik mengerjakan asesmen di ruang masing-masing yang telah ditentukan. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes pada Jumat, (05/05/2023) Drs. H, Fajarin melaksanakan monitoring AM di MTsN 2 Brebes.

Fajarin hadir guna mengecek teknis dan administrasi asesmen dilaksanakan secara lancar dan tertib. Di terima oleh kepala MTsN 2 Brebes M. Zahid dan Sumartini selaku waka kesiswaan.

Beliau menjelaskan tujuan monitoring ini adalah untuk memastikan  proses kegiatan asesmen bagi siswa kelas 9 dapat berjalan dengan baik tanpa adanya kendala, jika ada apakah kendala, maka panituia dituntut segera mencarikan solusi secepatnya agar tidak menganggu pelaksanaan AM.

“Pelaksanaan asesmen penting untuk dilaksanakan karena hasilnya menjadi alat pengukuran capaian kompetensi peserta didik yang dapat mempengaruhi hasil kelulusan,  seberapa besar kualitas pembelajar selama ini di MTsN 2 Brebes yang merupakan MTs Percontohan bagi MTs Sekabupaten Brebes,” ungkapnya.

Sementara itu M. Zahid melaporkan kepada Kepala Kantor, “Pengambilan nilai dilakukan kepada semua kelas 9 untuk memperoleh  nilai dari setiap siswa, apakah masing-masing siswa dapat memenuhi kriteria ketuntasan minimal yang akan di masukan dalam nilai ijasah, dan Asesmen yang digelar harus diikuti oleh semua siswa kelas IX untuk penilaian baik praktek maupun tertulis,” jelasnya.

Zahid menerangkan bahwa AM selain bertujuan untuk mengukur mutu dan pencapaian hasil belajar psikomotor, tetapi juga digunakan untuk mengukur kecakapan, dan keterampilan siswa pada akhir jenjang satuan pendidikan pada mata pelajaran yang telah ditentukan serta mampu mempertanggung jawabkan pelaksanaan pembelajaran dan keterampilan siswa selama belajar di MTsN 2 Brebes.

“Kami berharap mudah-mudahan AM bagi siswa IX merupakan salah satu usaha mengukur sampai dimana kemampuan siswa dalam menyerap pengetahuan dari guru yang diajarkan selama ini dan semoga juga siswa akan dapat mencapai nilai yang mereka harapkan,” tandasnya.

Setelah mengunjungi beberapa ruangan untuk sekedar menyaksilan pelaksanaan AM dari luar ruang kepala Kantor Berpamitan untuk melanjutkan monitoring di MTsN 1 Brebes dan MTsN 5 Brebes.(hid/Sua).