Pentasyarufan ZIS Upaya Membahagiakan Mereka yang Membutuhkan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Brebes – Selasa, (16/05/23) UPZ Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes melaksanakan kegiatan pentasyarufan zakat Infaq dan shadaqah (ZIS)  untuk santunan anak yatim piatu yang merupakan siswa-siswa  madrasah  Ibtidaiyah (MI) di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes yaitu kepada 90 siswa di MIN 4,5 dan 7 Brebes yang terbagi rata untuk ketiga madrasah tersebut.

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Brebes, H. Fajarin turut hadir dalam kegiatan ini sebagai tanda dukungan terhadap kegiatan sosial yang dilakukan oleh kementerian yang dipimpinnya. Ia mengatakan bahwa pentasyarufan kali ini berasal dari  zakat, infaq dan shadaqah ASN Kementerian Agama Kabupaten Brebes  adalah salah satu bentuk kegiatan sosial yang sangat penting dalam kehidupan beragama.

“ZIS adalah bentuk ibadah sosial yang harus dilakukan oleh setiap muslim yang memiliki penghasilan tetap. Kita harus mengalokasikan sebagian dari penghasilan kita untuk membantu saudara-saudara kita yang kurang mampu,” ujar Fajarin dalam sambutannya.

Kegiatan pentasyarufan ini bertujuan untuk memberikan santunan kepada para siswa MIN, yang orang tunya kurang mampu sebagai stimulus dan memberikan dorongan serta motivasi bagi para siswa untuk lebih bersemangat dan giat belajar.  Total dana yang disalurkan bagi 90 siswa yang masing-masing sisa menerima bantuan uang tunai Rp. 150.000,-  Kegiatan pentasyarufan ZIS ini dilakukan di tiga tempat, pertama dilaksanakan di Aula MIN 4 Brebes, Aula MIN 5 Brebes dan Aula Min 7 Brebes.

“Pemberian santunan kepada anak-anak, yang membutuhkan agar mereka dapat membeli peralatan sekolah dalam rangka mendukung proses pembelajaran di tahun ajaran baru yang akan datang, jangan di belikan pulsa akan tetapi dibelanjakan untuk keperluan sekolah seperti buku tulis, pulpen, penggaris dan lainya,” tambahnya.

Siswa-siswi  penerima santunan merasa senang dan gembira yang tercermin raut muka mereka yang cerah dan terpancar kebahagian, mereka merasa diperhatikan dan dlindungi, salah satu siswa Muhammad Rizky mengucapkan  terima kasih atas perhatian bapak-bapak, dan berharap besok dapat lagi uang tunai.

Kegiatan pentasyarufan ZIS ini menjadi salah satu contoh program kegiatan kemenag cerdas guna meringankan anak-anak yang membutuhkan, dalam bentuk kepedulian dan keprihatian Kementerian Agama Brebes kepada masyarakat.(hid/Sua)