Mengenal Lebih Dekat Madrasah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB.PEKALONGAN, – Senin (17/7/23) Hari pertama Masa Ta’aruf Siswa Madrasah peserta didik baru MAN Pekalongan disajikan materi kemadrasahan dengan bingkai Mengenal Lebih Dekat Madrasah MAN Pekalongan. Waktu pelaksanaan materi kemadrasahan dengan tema Mengenal Lebih Dekat Madrasah pukul 08.00 – 09.30 WIB. Pelaksanaan materi kemadrasahan ini terbagi menjadi 9 ruang kelas Matsama. Fasilitator materi guru yang kompeten di bidangnya.

Pada kesempatan ini paparan materi Matsama kemadrasahan Mengenal Lebih Dekat Madrasah disampaikan fasilitator di 9 ruang kelas. Konsep kegiatan diawali dengan streaching dan pengkondisian diri peserta. Peserta dibawa ke alam motivasi dan minset mengenal visi madrasah membangun generasi sholeh-sholehah, berakhlakul karimah, cerdas dan berprestasi.

Selanjutnya paparan profil madrasah MAN Pekalongan. Profil madrasah merupakan gambaran isi madrasah secara utuh. Profil madrasah berisi paparan visi madrasah, lingkungan, sarana prasarana, guru dan tenaga kependidikan, peserta didik, kurikulum, pembelajaran kegiatan peserta didik, ekstrakurikuler dan capaian prestasi serta publikasi madrasah. Profil madrasah juga merupakan pengejawantahan saksi hidup pelaksanaan program-program madrasah meliputi kurikulum, kesiswaan, sarana prasarana dan humas. Wow. Sungguh keren.

Penekanan materi Mengenal Lebih Dekat Madrasah pada profil madrasah secara utuh dan diformulasikan penjabaran visi madrasah dengan pelaksanaan kurikulum di madrasah. Pemberlakuan kurikulum merdeka peserta didik kelas X. Harapan kurikulum merdeka meliputi mandiri belajar, mandiri berubah dan mandiri berbagi. Tampak antusias peserta didik mengikuti Matsama hari perdana.

Pada saat pelaksanaan Matsama di 9 ruang kelas MAN Pekalongan penyampaian paparan kemadrasahan dan diikuti peserta Matsama dengan sangat antusias. Fasilitator membangun komunikasi yang hidup dan menarik dengan peserta .

Profil visi, misi dan tujuan harus diimplementasikan. Ciri khas madrasah menonjolkan akhlak berpakaian, berbicara, pergaulan. Pergaulan lingkungan madrasah harus dikondisikan menaati tatib. hormat taat dan kerja sama (MC-NA/MTb/bd)