Tata Tertib Budaya Madrasah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB.PEKALONGAN, – Senin (17/7/23) Hari pertama Masa Ta’aruf Siswa Madrasah peserta didik baru MAN Pekalongan disosialisasikan materi Tata Tertib dan Budaya Madrasah. Waktu pelaksanaan materi pukul 10.00 – 11.30 WIB. Pelaksanaan materi ini terbagi menjadi 9 ruang kelas.

Wewet Priyatna, S.Pd. Wakasis menyampaikan sosialisasi tatib bertujuan agar peserta didik mematuhi aturan tata tertib ma. Kegiatan diawali dengan ice breaking dan pengkondisian diri peserta. Peserta dibawa ke alam minset tata tertib sebagai aturan yang harus dipatuhi warga madrasah. Tata tertib yang mampu menjadi penyangga visi madrasah membangun generasi sholeh-sholehah, berakhlakul karimah, cerdas dan berprestasi.

Tata tertib merupakan aturan yang memuat semua aspek kehidupan di madrasah. Tata tertib meliputi ketentuan umum, masuk dan pulang, pakaian, kebersihan, kedisiplinan dan ketertiban. Di samping itu tata krama, upacara bendera, PHBI dan kegiatan keagamaan. Kegiatan ekstrakurikuler, hak dan kewajjban. Di dalam tata tertib juga diuraikan larangan-larangan, reward dan penggunaan media elektronik.

Impelementasi penekanan materi Tata Tertib diharapkan dipatuhi warga madrasah dan menjadi budaya. Tata tertib bisa menjadi barometer madrasah berkualitas. Tata tertib menjadi konsumsi panduan roda pendidikan. Tata tertib diharapkan mampu memformulasikan dan memadukan serta mengkolaborasikan menuju madrasah pilihan masyarakat.

Kegiatan ditutup dengan sholat dhuhur berjamaah di mushola untuk putri dan aula lantai 2 untuk putri. Tak lupa apel penutup sebagai evaluasi kegiatan dan menumbuhkan kedisplinan serta jiwa korsa siswa madrasah.

Siap Tata Tertib Siap Budaya Madrasah. (MC-NA/MTb/bd)