Madrasah Jawa Tengah Miliki Trilogi Madrasah Sebagai Watak Dasar

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang (Humas) – Berdasarkan Surat Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia Nomor: B-3009.1/DJ.I/Dt.I.I/PP.00/7/2023 tanggal 14 Juli tentang Penyaluran Bantuan Pengadaan Server dan Jaringan Komputer (CBT) MTs dan MA Tahun 2023, maka siang ini, Senin, 24/7, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah melaksanakan kegiatan pendistribusian bantuan Pengadaan Server dan Jaringan Komputer (CBT) di MTsN 1 Kota Semarang.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Musta’in Ahmad hadir untuk memberikan arahan dan sekaligus juga menyerahkan bantuan Pengadaan Server dan Jaringan Komputer (CBT) secara simbolis. Disambut Kepala Bidang Madrasah Kanwil Kemenag Jateng, Faridi dan Kapala MTsN 1 Kota Semarang, Kasturi.

Dalam laporannya, Ketua Tim Sarpras Penmad Kanwil Kemenag Jateng, Munif, menyampaikan bahwasa peserta penerima bantuan terdiri dari 26 Madrasah Aliyah (MA) dan 27 Madrasah Tsanawiyah (MTs) swasta dari seluruh wilayah Jawa Tengah.

Kakanwil Kemenag Prov. Jateng meminta seluruh pejabat madrasah harus menjemput informasi. “Karena informasi harus cepat menjangkau dan cepat terjangkau,” ucap Kakanwil.

Ada 7 (Tujuh) program prioritas Kementerian Agama yang harus dipenuhi. Salah satunya transformasi layanan digital, yang mana ini adalah sebuah keniscayaaan.

“Mau tidak mau kita tidak mungkin menghindar dari itu. Pemimpin harus menyongsong persoalan dan menghadapi permasalahan,” jelasnya.

Kakanwil mengajak kita semua untuk akrab dengan teknologi, karena semua bergerak ke arah digital. “Meski banyak keterbatasan, tetapi kita harus terus bergerak demi kemajuan madrasah dengan Trilogi Madrasah,” ucapnya.

Dijelaskannya, Trilogi Madrasah yang kita miliki di Jawa Tengah, yang pertama ke-Islaman dan ke-Indonesiaan, kedua Keilmuan dan Kemodernan, dan yang ketiga Kemandirian dan Keumatan. “Dan inilah watak dasar madrasah Jawa Tengah. Jaga semangat kepeloporan dan kejuangan jangan sampai hilang dari madrasah,” pesannya.

Sekarang semua bantuan melalui SIM-SARPRAS (Sistem Informasi Sarana dan Prasarana Madrasah). “Ini karena panjenengan upload data dengan benar dan anda mendapat prioritas. Ada 53 madrasah di Jawa Tengah yang mendapat bantuan ini,” ucap Kakanwil.

“Selamat bagi yang sudah terpilih menjadi madrasah penerima bantuan Pengadaan Server dan Jaringan Komputer (CBT). Gunakan dan manfaatkan untuk kemajuan madrasah dalam mengawal kemajuan Indonesia,” pesan Kakanwil mengakhiri arahannya.(Sua/Rf)