Kakankemenag Imam Tobroni resmikan Linggoasridan Jolotigo ꜱebagi Kampung Moderasi Beragama ᴅi Kab. Pekalongan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB.PEKALONGAN, KAJEN – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan melalui Seksi Bimbingan Masyarakat Islam menggelar Launching Kampung Moderasi Beragama, dengan meresmikan dua desa di Kabupaten Pekalongan sebagai Percontohan Kampung Moderasi Beragama yakni desa Linggoasri di Kecamatan Kajen dan desa Jolotigo di Kecamatan Talun, bertempat di Aula RM Kampung Damai, Karanganyar.

Pelaksanaan Launching Kampung Moderasi Beragama dilakukan serentak secara nasional di Kabupaten/Kota se – Indonesia pada Rabu (26/07/2023). Hadir Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan, Imam Tobroni beserta para Kasi dan Penyelenggara, Sekretaris Badan Kesbangpol Kabupaten Pekalongan, Sri Lestari, Ketua FKUB Kab. Pekalongan, M Sholahudin, perwakilan dari Kecamatan Kajen dan Kecamatan Talun serta para Tokoh masyarakat dan Tokoh Agama di Kabupaten Pekalongan.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Pekalongan, Imam Tobroni  dalam sambutannya, mengatakan bahwa moderasi beragama merupakan salah satu dalam 7 program prioritas Kementerian Agama, dan Kampung Moderasi ini untuk membentuk sebuah kampung, desa atau Kelurahan dengan sifat toleransi umat beragama yang tinggi dan menciptakan kerukunan antar umat beragama ditengah masyarakat, yang bertujuan untuk memperkuat kehidupan masyarakat yang harmonis dalam keragaman, toleran, memperkokoh sikap beragama yang moderat berbasis desa atau kelurahan.

Lebih lanjut, Imam Tobroni menjelaskan dalam implementasi kampung moderasi beragama ini ada empat indikator yang benar-benar terlihat dan terlaksana dalam kehidupan masyarakat. Keempat indikator ini yang dijadikan sebagai parameter pemahaman beragama yang moderat, antara lain; Komitmen kebangsaan serta setia dan taat pada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), toleransi, anti kekerasan, dan ramah terhadap tradisi budaya lokal.

Sementara itu sebelumnya, Kepala Seksi Bimas Islam, Mokh. Irkham, menyampaikan bahwa launching atau peresmian Kampung Moderasi Beragama di Kabupaten Pekalongan akan dilakukan oleh Kepala Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan H. Imam Tobroni, dan kemudian akan dilanjutkan dengan launching serentak secara nasional via zoom meeting pada pukul 13.00 WIB, dari Menteri Agama RI

Irkham juga berharap dengan diresmikannya Desa Linggoasri dan Desa Jolotigo sebagai Kampung Moderasi Beragama ini dapat tercipta kerukunan umat beragama yang kemudian dapat dijadikan piloting atau percontohan bagi Kelurahan-kelurahan lainnya yang ada di Kabupaten Pekalongan. “pungkasnya. (MTb/bd)