Kepala Kemenag Imam Tobroni Resmikan Ma’had Aly Walindo Mart

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB.PEKALONGAN, SIWALAN — Kamis (17/08/2023), Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan, H. Imam Tobroni, meresmikan Ma’had Aly Walindo Mart dengan didampingi Kasi PD Pontren, H. Sujud dan Pengasuh Ma’had Aly Walindo, Kyai Faisal Abdullah serta ibu Nyai Mahmudah Al Khafidzah.

H. Imam Tobroni dalam sambutannya mengatakan bahwa Kementerian Agama saat ini memiliki Program Prioritas yakni Pesantren Kemandirian. Kemandirian ini bermakna pesantren akan memiliki sumber daya ekonomi yang kuat dan berkelanjutan dalam menopang tiga fungsi, yaitu pendidikan, dakwah, dan pemberdayaan masyarakat,” ujar Kakankemenag

Imam menambahkan bahwa berbagai bantuan dari Kementerian Agama seperti bantuan Inkubasi, pelatihan bisnis, pelatihan manajemen keuangan, pelatihan manajemen pemasaran, pelatihan sumber daya manusia, dan lain-lain, sehingga pesantren memiliki unit usaha yang menjadi basis ekonomi yang mampu menghidupi perekonomian warga sekitar pondok,” tambahnya

Walindo diharapkan bisa berkembang seperti Pondok Pesantren lain yang sudah memiliki multi usaha, seperti BMT, agrobisnis bahkan ada yang mempunyai usaha pengelolaan obyek wisata.Jaman santri sekarang dituntut berwawasan yang luas, cara pandang yang visioner ke depan tanpa meninggalkan ilmu agamanya.
Sementara masyarakat sekitar Ma’had Aly merasa senang dengan adanya minimarket ini, karena tempatnya yang bersih dan nyaman untuk berbelanja. Semoga membawa keberkahan bagi semuanya. (ZNL/MTb/bd)