Kuatkan Karakter Religius, SMAN 3 Semarang Gelar Specta Religion

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang (Humas) – SMA Negeri 3 Semarang menyelenggarakan Specta Religion (25/8) yang diikuti ribuan siswa kelas X, XI, dan XII. Menurut Kepala SMA Negeri 3 Semarang, Drs. H. Yuwana, M.Kom, acara ini digelar bertujuan untuk menguatkan karakter religius siswa SMA Negeri 3 Semarang.

Acara ini adalah salah satu program baru pada tahun 2023 di SMA Negeri 3 Semarang yang dilaksanakan setiap hari Jumat. Selain Specta religion juga ada Specta Sport, Specta Charity, Specta Ecolife, Specta Literacy, Specta Nutrition yang seluruhnya tergabung dalam satu program yang bertajuk Smaga Specta Friday.

“Khusus untuk Specta religion ini, diselenggarakan sesuai dengan agama masing-masing siswa. Untuk siswa yang beragama Islam berada di Masjid Ahlul Jannah. Siswa yang beragama Kriten berada di Ruang Kristen. Siswa yang beragama Katolik berada di Ruang Katolik. Sedangkan Hindu dan Buddha berada di Ruang Perpustakaan,” tuturnya.

Untuk yang beragama Islam, menurut Hery Nugroho, guru Pendidikan Agama Islam (PAI) yang didampingi guru PAI yang lain, Maskur, Muslimah, dan Rohman, siswa diajak untuk bershalawat, muraja’ah, shalat dhuha, dzikir, doa, dan penguatan karakter.
“Kegiatan ini diselenggarakan untuk membekali siswa bahwa untuk mendapatkan kesuksesan sekarang tidak hanya kecerdasan intelektual saja, tetapi juga dibutuhkan kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual. Kemudian dalam implementasi kehidupan sehari-hari, mari bersama-sama menebarkan Islam yang rahmatan lil aalamiin,” tambahnya.

Setelah acara ini, Hery berharap semua siswa yang muslim setiap hari terbiasa membaca al-Quran, shalat dhuha, berdzikir, dan berdoa baik di sekolah maupun di rumah. Dalam kesempatan tersebut, Hery mengajak agar HP siswa tidak hanya diisi dengan media sosial saja, tetapi juga ditambah dengan aplikasi Al-Quran. Tujuannya di manapun dan kapan pun, siswa terbiasa membaca al-Quran setiap hari.

*Specta Charity*
Setelah acara Specta religion selesai, menurut Muslimah, juga diselenggarakan Specta Charity untuk siswa kelas X, XI, dan XII yang dilaksanakan secara bergiliran perjenjang setiap jumatnya. Pada jumat ini, jadwalnya kelas X. “Bentuk acaranya adalah siswa yang mampu membawa makanan atau minuman yang dibawa dari rumah, kemudian diletakkan di almari yang disediakan dari sekolah. Setelah itu, jamaah shalat jumat Masjid Ahlul Jannah dapat mengambilnya. Tujuan acara ini adalah melatih siswa untuk peduli terhadap sesama,” tuturnya.

Sedangkan guru Pendidikan Agama Kristen, Martalena BR Gultom, yang didampingi guru Pendidikan Agama Katolik, Anastasia Verawati menyambut dengan senang hati dengan adanya kegiatan Specta religion dan Specta Charity di SMA Negeri 3 Semarang. “Program yang sangat bagus dan sangat bermanfaat bagi siswa. Tadi saya melihat anak-anak mengikuti program ini dari awal sampai akhir dengan baik. Saya berharap acara tersebut bisa dilanjutkan untuk periode selanjutnya,” tambahnya.(Hr/Sua/Rf)