Guru TPQ Adalah Ahli Surga

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pemalang – Guru TPQ adalah ahli surga. Demikian disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang saat hadir dalam acara Rapat Koordinasi antar Lembaga TPQ se-Kecamatan Taman terkait Bimbingan Teknis Aplikasi Sipdar PQ dan Aplikasi EMIS 4.0 pada hari Jumat, (25/8/2023) di Aula SDN 05 Wanarejan Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang. Rakor dihadiri oleh Kepala Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kankemenag Kabupaten Pemalang, Kepala KUA Kecamatan Taman, dan Ketua Badko LPQ Kabupaten Pemalang serta dihadiri oleh 54 orang Kepala TPQ dan operator TPQ di Kecamatan Taman.

“Kita bisa membaca Al-Qur’an lewat guru-guru TPQ, karena guru-guru TPQ perjuangannya juga luar biasa dan insya Allah mendapatkan berkahnya dari mengajar anak-anak TPQ,” kata Kepala Kankemenag, Roziqun.

Selanjutnya Roziqun mengatakan ada dua aplikasi yang harus diisi oleh lembaga TPQ yaitu EMIS dan Sipdar PQ. “Semuanya harus memiliki EMIS dan Sipdar PQ harus terdaftar, terdata di Kementerian Agama. Bila tidak terdaftar di aplikasi berarti lembaga Bapak Ibu tidak diakui oleh negara dan Kementerian Agama. Maka akan menjadikan perlakukan yang berbeda juga lembaga tersebut tidak bisa menerima hak-hak tertentu,” jelasnya.

Bagi lembaga TPQ yang sudah terdaftar akan diakui dan dilindungi oleh negara. Lembaga TPQ tersebut mempunyai hak-hak tertentu yang bisa diperoleh. Salah satu contohnya dalam pengajuan bantuan, Kementerian Agama bisa merekomendasikan karena TPQ tersebut sudah terdaftar baik di EMIS maupun di Sipdar PQ.

Sementara itu, Ketua Badko LPQ Kabupaten Pemalang yang sekaligus menjabat sebagai Ketua Badko LPQ Kecamatan Taman, Agus Mukhtasim Billah meminta kepada segenap peserta untuk segera merespon rakor kali ini dengan memutakhirkan data pada aplikasi Sipdar PQ dan EMIS.

Ia juga menyinggung terkait persiapan FASI (Festival Anak Soleh Indonesia) untuk tingkat kecamatan yang akan dilaksanakan di pertengahan September sampai bulan Oktober. FASI tingkat Kabupaten Pemalang akan dilaksanakan pada tanggal 18 Oktober 2023. Sementara untuk FASI tingkat provinsi akan diselenggarakan pada tanggal 16 dan 17 Desember 2023.(mut/fi/Sua)