TPQ Diminta Perhatikan SDM dan Manajemen

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pemalang – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang, Roziqun memberikan pembinaan kepada guru TPQ di Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang. Pembinaan dilaksanakan dalam rangkaian acara Rapat Koordinasi antar Lembaga TPQ se-Kecamatan Taman terkait Bimbingan Teknis Aplikasi Sipdar PQ dan Aplikasi EMIS 4.0 pada hari Jumat, (25/8/2023) di Aula SDN 05 Wanarejan Kecamatan Taman.

Rakor diikuti oleh 54 orang Kepala TPQ dan operator TPQ di Kecamatan Taman dan turut dihadiri oleh Kepala Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kankemenag Kabupaten Pemalang, Kepala KUA Kecamatan Taman, dan Ketua Badko LPQ Kabupaten Pemalang.

Dalam pembinaan, Roziqun menyampaikan lembaga TPQ harus dikelola dengan baik dalam berbagai hal. Dua hal yang menjadi perhatian adalah sumber daya manusia dan manajemen.

“Dari sudut pandang SDM, dengan beberapa metode dan bisa membaca Al-Qur’an dengan baik, para ustadz TPQ itu punya syahadah, lisensi. Jangan sampai guru-guru TPQ tidak benar dalam membaca Al-Qur’an. Sementara dalam hal manajemen, lembaga perlu diatur agar bisa tertib, nyaman sehingga lembaga kita kuat,” terang Roziqun.

Dia meminta guru TPQ menjadi guru yang modis untuk menjaga marwah. Guru TPQ harus bisa menjaga penampilan yang bersih, rapi, dan sopan sehingga akan meyakinkan orang tua siswa untuk menyekolahkan di TPQ. Guru TPQ juga diminta untuk bersikap moderat dan menghargai budaya.

“Guru TPQ bisa menciptakan hal-hal baru yang berbeda dari sebelumnya, sebagai contoh cara dongeng agar anak-anak tidak bosan. Selanjutnya guru TPQ juga bisa memberikan inspirasi dan pencerahan serta manfaat supaya anak-anak kita betah,” pungkasnya.(mut/fi/Sua)