Evaluasi Refleksi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB.PEKALONGAN, KEDUNGWUNI — Penghujung acara evaluasi dan refleksi menjadi moment curhat peserta kegiatan KBO/PTA Ahad (10/9/23). Evaluasi merupakan tahap penilaian terhadap perjalanan suatu kegiatan. Refleksi juga bagian yang berkaca pada evaluasi yang sampai tahapan tindak lanjut. Evaluasi dan refleksi menjadi sumber intropeksi perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan.

Area evaluasi dan refleksi menjadi menarik bila terjadi dialog yang komunikatif. Pengkondisian format duduk yang berbentuk U bertujuan membangun keakraban kakak dan adik. Jargon, yel dan joke-joke segar dibangun menghidupkan suasana.

Adzkia salah satu peserta menuturkan bahwa selama 3 hari (8-10/9/23) telah mendapatkan pengalaman luar biasa. KBO/PTA telah mengajarkan rasa saling mengenal dan sepenanggungan. KBO/PTA juga mengajarkan kerja sama tim. Banyak pelajaran berharga yang telah dipetik selama 3 hari.

Testimoni Abinaya tentang karakteristik peserta. Keunikan peserta yang beragam. Peserta yang cool, lucu dan rasa ingin tahu. Penanganan peserta pun disesuaikan dengan kondisi. Secara umum kesan asyik ikut mewarnai pelaksanaan KBO/PTA.

Evaluasi dan refleksi sangat penting menjadi barometer sukses kegiatan. Secara umum KBO/PTA sangat lancar, aman, terkendali dan sukses.  (MC – RIP/MTb/bd)