MI Walisongo Kranji 01 Kedungwuni Kembangkan Madrasah Inklusi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB.PEKALONGAN, KEDUNGWUNI — Kedungwuni — Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan beserta Kepala Seksi Pendidikan Madrasah melakukan kunjungan (Visit) ke MI Walisongo Kranji 01 Kedungwuni, Selasa (12/09/2023).
MI Walisongo Kranji 01 yang terletak di Komplek Mesjid Jami Kranji Kedungwuni ini merupakan salah satu madrasah Inklusi di Kabupaten Pekalongan.
Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan H. Imam Tobroni, S.Ag., M.M. mengatakan pendidikan itu adalah usaha sadar yang dilakukan seseorang untuk mengubah prilaku dari yang tidak baik menjadi lebih baik.
“Kegiatan inklusi ini, saya hati saya ingin menangis tadi, kita mengajar itu adalah dengan hati, seperti yang disampaikan oleh bapak Niamil Hida SHI Kepala MI, teori pendidikan itu banyak leterleknya, salah satu yaitu usaha sadar yang dilakukan seseorang untuk mengubah prilaku dari tidak baik menjadi baik” Ujar beliau.
Ia menambahkan, peristiwa-peristiwa yang disampaikan menjadikan inspirasi sebagai guru yang berguna.
“Mudah-mudahan peristiwa yang kami sampaikan kepada Bapak/ ibu tadi menjadi inspirasi kita adalah sebagai guru dan pendidik, ini tujuannya,”

Kepala MI Walisongo Kranji 01 Niamil Hida, SHI menjelaskan bahwa
“Perjalanan di MI ini saya awali dengan Visi, visi kami di sini adalah mewujudkan rasa sehat, bersih, tertib, bermutu, unggul dan Islami,” Ujar Niam.
Ia menceritakan pertama tentang adanya siswa inklusi di MI ini di saat itu belum kita tahu, anak-anak itu berjenis inklusi apa.
“Anak-anak inklusi ini memang sudah ada saat Niam masuk di sini pak, tidak mungkin Niam membuang anak-anak ini, Niam tetap satukan kelas anak-anak inlusi ini dengan anak sehat, sehingga harapan Niam yang sehat jangan menjadi sakit, yang sakit jangan menjadi mati ibaratnya begitu” cerita Niam.
Ia menambahkan, bahwa sebelum pemerintah (kemenag) mencetuskan untuk menerima anak-anak inklusi,
“ternyata setelah kami terima Alhamdulillah Pemerintah mencetuskan bahwa wajib menerima anak-anak inklusi” Tutur beliau yang juga ketua komunitas guru belajar.

Beliau atas nama madrasah mengucapkan terima kasih kepada Kakanmenag dan Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag bapak Gunawan, SH yang telah hadir di acara kunjungan kami ini.
Mudah-mudahan dari kegiatan visit ini, kami semakin semangat terus menerima siswa inklusi, dan membimbingnya dengan baik.
Hadir pada kegiatan ini, Pengawas Pembina MI Hj. Nur Hikmah, M.Pd.I beserta Koordinator Kurikulum MI M Hadidinina, S.Pd.I dan seluruh dewan Guru MI WS Kranji 01. (Kdr/Mtb/bd)