Guru PAI SMPN 14 Semarang Dampingi Prosesi Penyembelihan Hewan Kurban

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Semarang (Humas) – Bertepatan dengan 12 Dzulhijjah 1445 H, dalam rangka Hari Raya Idul Adha, SMPN 14 Semarang melaksanakan ibadah kurban dengan menyembelih tiga ekor sapi dan seekor kambing, Rabu (19/6/2024).

Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI) setempat, Khodijah menuturkan Idul Adha menjadi momen untuk meneladani kesediaan dan ketaatan Nabi Ibrahim AS dalam melaksanakan perintah Allah SWT yaitu, mengorbankan putranya Ismail AS demi Allah SWT.

Bersama guru, karyawan dan siswa penyembelihan hewan kurban menjadi pengalaman tersendiri untuk peduli dengan sesama.

“Dari hasil sembelihan, kurang dari sepertiganya diberikan kepada shohibul kurban, sepertiga lainnya dibagikan kepada fakir miskin dan dhu’afa dari kalangan siswa/siswi, dan sisanya atau sepertiga terakhir ditasarufkan kepada keluarga dan tetangga dari shohibul kurban,” jelas Khodijah.

Didik Teguh Prihanto, Kepala SMPN 14 Semarang menerangkan hewan kurban tersebut berasal dari beberapa guru dan keluarganya. Ia berharap, kegiatan kurban bisa memberikan pengalaman yang berkesan baik bagi guru muda maupun para siswa.

“Dengan terlibat langsung dalam kegiatan kurban, diharapkan menjadi pengalaman dan bekal mereka saat melaksanakan kegiatan serupa di masyarakat bagaimana bersosialisasi dan mengambil peran dalam kehidupan bermasyarakat. Sedangkan bagi shohibul kurban, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan empati dan kepedulian kepada sesama, juga meningkatkan iman dan takwa,” ujar Didik. (Kdj/Nba/bel)