Apel Pagi Lepas Karyawan Purnabakti

Purbalingga – Sebagai ASN kita sering lupa kapan harus mengajukan kenaikan pangkat, UPKP, penyesuaian Ijasah atau hal lainnya yang berkaitan dengan kepegawaian. Namun hal tersebut berbeda dengan ASN di Bagian Urusan Kepegawaian, mereka justru yang mengingatkan kita. Hal tersebut disampaikan Kasi Pendidikan Madrasah, Sudiono, saat bertindak sebagai Pembina Apel Pagi di halaman Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga, Selasa (31/07). Apel pagi yang menjadi rutinitas karyawan-karyawati di kantor tersebut terasa berbeda karena bertepatan dengan purna tugasnya salah seorang ASN Urusan Kepegawaian, Awal Suradi (58).

Dalam sambutan singkatnya, Awal Suradi yang telah mengabdikan dirinya selama 35 tahun tersebut mengingatkan, purna tugas adalah sebuah keniscayaan bagi setiap pegawai. Sosok pegawai yang masih energik dan selalu ceria tersebut menikmati masa pensiunnya terhitung mulai tanggal 1 Agustus 2018, setelah bekerja mengurus angka kredit dan kenaikan pangkat ribuan guru dan pegawai di lingkungan Kankemenag Kabupaten Purbalingga.

“Saya sangat bersyukur dapat mengabdikan diri saya dari tahun 1983 hingga batas usia pensiun tanpa ada permasalahan yang berarti. Ini berkat pertolongan Allah, bimbingan Kepala Kantor, Kasubbag TU dan kerjasama yang baik dari teman-teman,” tutur Awal.

Ia menyampaikan permohonan maaf dan kata-kata pamitan kepada seluruh pimpinan dan rekan sejawatnya karena apel pagi di hari tersebut merupakan yang terakhir baginya. Ia juga mengaku selama bekerja sebagai staf kepegawaian tidak ada hal-hal berat yang ditemuinya.

“Mohon dimaafkan saya sering bercanda dengan Bapak/Ibu semua. Yang intinya saya hanya menginginkan suasana di tempat kerja lebih terasa menyenangkan,” tambahnya.

Kepala Kankemenag Kabupaten Purbalingga, Karsono, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas prestasi kerja salah satu karyawan di kantornya tersebut.

“Selaku yang dituakan saya merasa kehilangan sosok  yang baru 7 bulan saya kenal. Pak Awal sosok ASN yang ulet, semangat bekerja dan luar biasa. Semoga nama beliau terpatri dalam hati kita karena lantaran jasanya kita semua dapat menikmati indahnya menjadi karyawan karyawati di Kantor Kementerian Agama ini. Semoga Allah memberikan balasan terbaik berupa kesehatan, ibadah yang khusyuk, serta keluarga yang sakinah mawaddah wa rohmah,” tuturnya.

“Kita yang masih di sini semoga dapat meniru karakternya yang ramah, disiplin dan energik,” tambah Karsono berpesan. (sar/sua)