Aplikasi SIAGA, Pusat Data Online Bagi Guru PAI

Klaten-Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten menggelar kegiatan penguatan Data Pendidikan Agama Islam pada seksi PAIS dan sosialisasi Aplikasi SIAGA (Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama, Senin (25/2) diikuti 40 guru PAI dari tingkat SD, SMP, SMA/SMK  yang dilaksanakan di Hotel Galuh Prambanan.

Masmin Afif Kakankemenag Klaten menjelaskan seiring dengan tuntutan dan kemajuan zaman serta perkembangan IT yang begitu pesat, dibutuhkan inovasi dalam menjawab berbagai tantangan, termasuk dalam perkembangan informasi dan teknologi, aplikasi SIAGA ini bentuknya.

Tujuan sosialisasi Siaga yaitu agar semua GPAI (Guru Pendidikan Agama Islam) dapat melakukan update dan pemutakhiran data pada aplikasi  Siaga  serta memberikan pemahaman  terkait  penguatan data pendidikan agama Islam.

Aplikasi SIAGA merupakan aplikasi berbasis online bagi GPAI sebagai pengganti Aplikasi SIMPATIKA yang selama ini digunakan untuk melakukan verval data GPAI online, kata Masmin.

“Ini merupakan aplikasi yang sangat berguna bagi bapak/ibu guru sebagai pusat data secara online dan data dapat diakses dengan cepat mudah dan akurat guna kepentingan guru.”

Maka, diharapkan dengan adanya sosialisasi ini para guru PAI lebih menguasai mahir mengoperaikan komputer  dan IT, tuturnya.

Masmin berharap, guru PAI dapat melaksanakan tugas keprofesiannya sesuai dengan tuntunan dan harapan masyarakat, yakni membentuk peserta didik yang beriman dan bertaqwa terhadap Allah SWT dan berakhlak mulia.

Dijelaskan pula Kasi PAIS Kemenag Klaten Bakri yang sekaligus ketua panitia bahwa Aplikasi SIAGA sebagai database dalam pelaksanaan program sertifikasi, pembayaran TPG serta pelaksanaan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB).

“GPAI akan mampu meningkatkan kualitas pengetahuan, wawasan, dan pengetahuan tentang aplikasi untuk menunjang kebutuhan satuan pendidikan,” kata Bakri.(ri_aj)