ASN Dan Darma Wanita Persatuan Kemenag Kab. Batang Galang Donasi Beras Untuk Bantu Masyarakat Batang Yang Sedang ISOMAN

* Suasana penyaluran donasi beras oleh ASN Kemenag Kab Batang dan Darma Wanita Persatuan pada Masyarakat

Batang – Penularan covid-19 di Kab. Batang memang belum ada tanda-tanda penurunan secara signifikan, kecenderungan penularnnya masih cukup tinggi, banyak masyarakat disemua golongan pun banyak terpapar, itu yang sadar untuk memerikasakan diri sehingga mengetahui bahwa dirinya positif tertular covid-19, belum lagi banyak juga masyarakat yang enggan memeriksakan dirinya sehingga tak heran bila diminggu terakhir ini banyak orang sakit dan banyak juga yang meninggal. Untuk ikut meringankan dan memberi semangat pada masyarakat yang sedang melakukan Isolasi Mandiri (ISOMAN), Kemenag Kab. Batang melakukan donasi dengan mengumpulkan 5 kg beras yang dikumpulkan di Kantor Kemenag, KUA Kecamatan serta semua satker yang ada mulai senin-selasa (26-27/07). Dan pada Rabu-Kamisnya ( 28-29/07) ini secara serentak menyalurkan semua donasi itu diseluruh kabupaten Batang.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Batang H.M. Aqsho dalam keteranganya mengatakan bahwa pihaknya sangat prihatin melihat keadaan yang terjadi dimasyarakat, banyak sekali penularan covid-19 ini seakan tidak ada hentinya.

“ Saya sangat prihatin melihat kondisi masyarakat yang cukup banyak tertular virus covid-19 ini, seakan tidak ada hentinya, untuk itu kita bergerak hatinya untuk melakukan donasi semampunya untuk memberikan bantuan pada masyarakat yang sedang melakukan isolasi mandiri (ISOMAN) agar dapat tetep tabah dan kuat hingga sehat kembali,” kata H.M. Aqsho.

Dia juga menjelaskan bahwa donasi yang dikumpulkan oleh ASN Kemenag Kab. Batang ini dijadikan satu dan diserahkan pada gugus covid baik yang ada di Kabupaten maupun di seluruh kecamatan.

“ Donasi yang dikumpulkan oleh ASN kemenag ini masih relatif kecil dibandingkan dengan jumlah masyarakat yang sedang melakukan isolasi mandiri (ISOMAN), maka kita serahkan pada gugus covid baik di tingkat kabupaten maupun di tingkat kecamatan, namun ada juga yang langsung disalurkan oleh potensi Kemenag baik para Penyuluh Agama Islam maupun dari gerakan spontan Darma Wanita Persatuan Kemenag,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Sub. Bagian Tata Usaha Kemenag Kab. Batang H. Abdul Wahab yang memantau langsung pengumpulan dan penyaluran donasi beras itu mengatakan bahwa donasi beras yang terkumpul di Kemenag kurang lebih 667 kantong, dimana setiap kantong berisi 5 kg.

“ Hingga selasa kemaren tercatat donasi beras di Kemenag terkumpul sebanyak 667 kantong dimana tiap kantong berisi 5 kg beras, semua itu tersebar di Kantor Kemenag, 15 KUA Kecamatan dan di 4 satker MIN,MTsN dan MAN Batang,” kata H. Abdul Wahab.

Dia juga menjelaskan bahwa setelah donasi itu terkumpul, kita melakukan rapat koordinasi via zom metting untuk menentukan teknis penyalurannya, sehingga disepakati penyaluranya diserahkan pada para penyuluh agama Islam dan Darma Wanita Persatuan .

“ Melalui zom metting Rakor memutuskan dalam penyaluran donasi itu diserahkan pada seluruh penyuluh agama Islam di masing-masing KUA Kecamatan serta Darma Wanita Persatuan yang ikut serta dalam gerakan ini, namun dia menyarankan untuk segera berkoordinasi dengan gugus covid yang ada agar penyalurannya dapat tepat sasaran,” pungkasnya. (Zy)