Asrama Haji Donohudan Dipenuhi Bis Penjemput Jemaah Haji

Boyolali – Asrama Haji Donohudan (AHD) Boyolali lokasi pusat penyelenggaraan ibadah haji Debarkasi Solo Selasa dini hari (20/09) dipenuhi oleh bis-bis penjemput jemaah haji yang berasal dari Kabupaten Batang, Kabupaten Pekalongan, Kota Semarang dan Kabupaten Pemalang yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 03, 04, 05 dan 06. memang menurut jadwal pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji Embarkasi/Debarkasi Solo untuk kedatangan jemaah haji kloter 03 seharusnya pada Senin (19/09) pukul 23:55 WIB mundur menjadi Selasa (20/09) pukul 01:27 WIB hal ini dikarenakan masih penuhnya trafik lalu lintas penerbangan di Bandar Udara Internasional King Abdul Aziz (KAA) Jeddah sehingga pada kloter-kloter awal masih mengalami keterlambatan jadwal penerbangan. Sedangkan untuk Selasa (20/09) menurut jadwal ada 3 kedatangan berturut-turut yakni kloter 04, kloter 05 dan kloter 06.

Kedatangan para duyufurrahman ini langsung mendapat perhatian dari tim petugas daerah yang bertugas melakukan penjemputan jemaah haji untuk selanjutnya dibawa kembali ke kabupaten/kota masing-masing. Sejak Selasa malam bis-bis penjemput jemaah haji telah memasuki area parkir komplek Asrama Haji Donohudan, setidaknya ada 36 bis berjejer memenuhi area parkir. Nampak para crew bis membersihkan dan membereskan bis masing-masing sehingga memberikan kenyaman bagi jemaah haji saat pulang menuju kampung halamannya.

Sementara itu, tampak aktifitas Satgas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Solo mempersiapkan diri sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing bersiap-siap menerima kedatangan 4 kloter yang rencananya akan berurutan tiba di Asrama Haji Donohudan. Sekretaris PPIH Noor Badi nampak bersiap-siap bersama dengan Satgas Bidang Penerimaan mempersiapkan diri melakukan penyambutan jemaah haji untuk selanjutnya diserahkan kembali kepada petugas daerah.

“Berdasarkan jadwal pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji Embarkasi/Debarkasi Solo khusus untuk pemulangan didominasi dengan jam kedatangan malam dan dini hari, serta dalam sehari rata-rata kedatangan 2 sampai 3 bahkan ada yang 4 sampai 5,” ucap Noor Badi saat dimintai keterangan.

Ditambahkan, dengan komposisi jadwal sedemikian itu, Satgas PPIH dituntut untuk tetap siap dan cekatan dalam menjalankan tugasnya. Praktis kesiapan mental dan stamina tubuh sangat dibutuhkan untuk menunjang tugas dan tanggung jawab dalam memberikan pelayanan yang maksimal kepada para tamu Allah tersebut.

“Bagaimanapun kondisinya Satgas PPIH harus terus siap siaga dalam menyambut dan melayani jemaah haji, untuk itu masing-masing satgas harus bisa menjaga kesehatannya, mengatur pola istirahat serta yang tidak kalah penting konsumsi asupan makanan untuk menunjang segala aktifitas selama masa pemulangan sangat diperlukan,” tambahnya.

Sesuai dengan estimasi kedatangan, pesawat pembawa jemaah haji kloter 03 akan mendarat di Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo pada pukul 01:27 WIB, berurutan kloter 04 pada pukul 03:38 WIB, kloter 05 pada pukul 05:45 WIB dan kloter 06 pada pukul 08:20 WIB. (gt/gt)