Berikan Motivasi bagi Siswa-Siswi Penghafal Alquran

Semarang – Alifia Salsabila siswa MAN 2 Kota Semarang yang hafal al-Qur’an 30 juz mendapatkan hadiah dari Imam Kusnandar donatur tetap di madrasah tersebut. Alifia menerima hadiah berupa al-Qur’an lengkap dan ekslusif edisi terbaru berisi asbabun nuzul, terjemahan perkata dan uraian kandungan al-Quran. Disamping itu ia juga menerima uang sejumlah 3 juta rupiah.

Hadiah tersebut diterimanya Rabu (31/10) di madrasahnya, setelah sebelumnya ia diuji hafalannya oleh guru al-Qur’an Hadist Durri an-Naim dan Ahmad Riyatno.

Kepala MAN 2 Syaifudin memaparkan, Alifia siswi kelas X IPA 3 berhasil masuk ke MAN 2 Kota Semarang melalui jalur prestasi.

“Atas prestasinya dalam bidang tahfidz 30 juz pihak madrasah menggratiskan biaya sekolahnya. Bagi siswa yang mempunya minat dan bakat di bidang tilawah dan tahfidz pihak madrasah telah menyiapkan wadah Jamiatul Qura Wal Huffadz yang dipimpin oleh Aini Mustaghfiroh guru MAN 2 yang juga seorang hafidzah,” jelas Kamad.

Syaifudin menuturkan, Imam Kusnandar telah menjadi donatur tetap di madrasah yang dipimpinnya selama tiga tahun.

“Sudah tidak bisa terhitung jumlah bantuan yang diberikan untuk kebutuhan madrasah dan peserta didik, termasuk seragam ekstra kurikuler futsal diberikan gratis,” terang Kamad.

Sementara Imam Kusnandar yang bertugas di salah satu BUMN Indonesia memberikan motivasi dan nasihat kepada para siswa.

“Hendaklah kalian belajar dengan tekun. Hafal al-Qur’an merupakan prestasi luar biasa. Tidak usah khawatir, selepas dari Madrasah Aliyah di perguruan tinggi sudah banyak yang membuka jalur pendaftaran khusus bagi calon mahasiswa yang hafal al-Qur’an,” tutur Imam memberikan nasehat.

Ditambahkan Imam, tidak cukup hanya dengan membaca atau menghafal al Qur’an, tetapi yang sangat penting adalah mengetahui kandungan isinya dan mengamalkannya, baik untuk diri sendiri maupun mengamalkannya kepada orang lain. Dirinya berharap bantuan yang diberikan dapat memberikan motivasi bagi siswa madrasah untuk mengkaji dan menghafal Kitab Suci Kalamullah.

“Bukankah orang yang hafal al-Qur’an akan mengantarkan dirinya dan kedua orangtuanya masuk ke dalam surga ?” pungkasnya. (ar-ch/gt)