33 Siswa Madrasah Kabupaten Kebumen Mengikuti KSM Tingkat Provinsi Di MAN I Kebumen

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kebumen – Sebanyak 33 siswa madrasah di Kebumen mengikuti Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat provinsi Jawa Tengah secara on line. Mereka akan berjuang berkompetisi untuk mendapatkan tiket KSM tingkat Nasional bersama seluruh peserta perwakilan dari tiap kabupaten di Jawa Tengah. Ke 33 siswa tersebut merupakan para juara KSM tingkat kabupaten jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) yang diselenggarakan awal Agustus lalu.

KSM tingkat Provinsi Jawa Tengah dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Jawa Tengah (Jateng), H. Musta’in Ahmad secara daring melalui aplikasi Zoom dan channel youtube Kemenag Jateng, Jum’at (9/9/2022). Sedangkan untuk Kabupaten Kebumen pembukaan dan penyelenggarannya dipusatkan di laboratorium MAN 1 Kebumen, Jum’at – Minggu (09-11/9/2022).

H. Musta’in Ahmad menyampaikan, KSM menjadi salah satu wahana kompetisi sebagai upaya mengelaborasi sains dengan konteks nilai-nilai islami, antara lain elaborasi sains dengan konteks yang ada dalam Al Qur’an, konsep serta terapan yang ada dalam Islam.

“Dengan tema Mandiri Berprestasi Bangkitkan Negeri, diharapkan dapat menjadi spirit dari madrasah untuk bersama pulih lebih cepat, siap menghadapi tantangan global, bangkit lebih kuat dalam membangun negeri Indonesia”, terangnya

Hj. Sriwi Rahayu Pengawas MA yang juga menjadi Komite KSM Kabupaten Kebumen saat dikonfirmasi di sela-sela kegiatan menyampaikan rasa terima kasih kepada civitas akademika MAN 1 Kebumen atas kerjasamanya dalam menyiapkan segala kebutuhan peserta dan panitia sehingga KSM tingkat provinsi ini dapat berjalan dengan baik. “Semoga ikhtiar para siswa madrasah yang mewakili Kabupaten Kebumen dapat membuahkan hasil terbaik dan memperoleh kejuaraan hingga tingkat Nasional”, terangnya

Lebih lanjut Hj. Sriwi Rahayu menjelaskan, pelaksanaan KSM kali ini dilaksanakan selama dua hari dan terbagi menjadi dua sesi. Pelaksanaan KSM pada hari Sabtu, 10 September 2022 dikhususkan untuk jenjang MA, sesi pertama adalah kompetisi bidang Matematika, Biologi, Fisika dan sesi kedua bidang Kimia, Ekonomi serta Geografi. Dilanjutkan hari Minggu, 11 September 2022 KSM sesi pertama dilaksanakan untuk jenjang MTs bidang Matematika, IPA, dan IPS, sedangkan jenjang MI bidang Matematika dan Sains pada sesi kedua.

Berjalannya KSM tahun ini diharapkan dapat menciptakan siswa madrasah yang kompetitif dan dapat mengelaborasi sains dengan nilai-nilai islami sehingga terwujud Madrasah Mandiri Berprestasi. (tt/fz/bd).