4 Sifat Mulia Rasulullah SAW Dikupas Pengawas PAI

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Semarang (Humas) – SMAN 10 Semarang menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Jumat (29/09/2023). Acara digelar di aula setempat, dimulai dengan pembacaan asmaul husna dan dilanjutkan pembacaan maulid dhiba` yang dipimpin oleh Grup Hadhroh An-Nasr SMAN 10 Semarang.

 

Peringatan maulid kali ini mengangkat tema, Meneladani Sikap Nabi Muhammad SAW sebagai Pelajar di Era Digital.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa muslim di sekolah tersebut. Hadir pula Kepala Sekolah, Bapak Akhirul Fathoni. Dalam sambutannya, ia mengajak para siswa untuk meneladani akhlak Nabi Muhammad SAW.

 

Adapun puncak acara berupa kajian yang disampaikan oleh H.M. Faojin, Pengawas Pendidikan Agama Islam (PAI) Kankemenag Kota Semarang. Ia menuturkan, banyak sifat teladan Rasulullah SAW yang patut diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. “Dalam diri Rasulullah SAW sudah tertanam sifat dan akhlak baik yang harus dicontoh, menjadi panutan anak muda di zaman sekarang. Sebagaimana dijelaskan sebuah hadis yang berbunyi, sungguh, telah ada pada (diri) Rasulullah SAW itu suri tauladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah SWT dan (kedatangan) hari kiamat dan yang banyak mengingat Allah,” tuturnya.

 

Lebih lanjut, H.M. Faojin mengurai 4 sifat baik Rasulullah SAW. “Kita semua tahu bahwa ada 4 sifat baik yang ada pada diri Nabi. Sifat itu di antaranya, sidik, amanah, fathonah, dan tablig. Sidik artinya orang yang jujur, amanah adalah dapat dipercaya, fathonah berarti orang yang pandai atau cerdas, dan tablig artinya orang yang menyampaikan,” terangnya.

 

Berikutnya, H.M. Faojin menyebutkan dalil masing-masing sifat teladan Rasulullah SAW. (Ctr/Nba/bd)