Bekali Pengurus Opdima Dengan Karakter Pemimpin

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Jumat, 20/2 Kepala MI Maarif Al Falah Joyokusumo (MIMAU) mengadakan pembinaan kepada pengurus OPDIMA (Organisasi Peserta Didik Madrasah) yang bertempat di Ruang kelas V MIMAU. Pembinaan ini diikuti oleh seluruh pengurus OPDIMA yang didalamnya adalah coordinator kelas.

Wali kelas dari kelas I – VI juga mengikuti pembinaan dalam rangka membekali siswa – siswi yang terpilih jadi pengurus OPDIMA agar menjadi pemimpin yang baik. Menjadi pemimpin atau coordinator harus dilatih sedini mungkin.

Dalam mengatur kelasnya, pengurus OPDIMA memiliki tugas diantaranya membantu wali kelas dalam memimpin saat melaksanakan Shalat duha, mengechek kelengkapan siswa dari atribut, dan perlengkapan yang harus dibawa siswa. Kemudian mengajak baris pasukannya melantunkan sholawat sebelum dimulai sholat, menuntun doa sebelum dan sesudah kegiatan.

Wahyul Khomisah, selaku kepala madrasah memberikan pembekalan mengenai ciri pemimpin yang baik. Dalam penyampaiannya dijelaskan ada 9 ciri pemimpin yang baik yaitu berani, mampu mendengarkan, komunikatif, peduli, memberi teladan yang baik, Jujur, Adil, rendah hati serta mampu menjadi problem solver.

“Jika kita memiliki 9 ciri pemimpin yang baik ini, kita akan lebih mudah menggerakkan anggota dan pasti mereka akan patuh. Kalian mendapat pelajaran sangat berharga, dan harus bangga ketika diberikan tugas atau Amanah menjadi coordinator kelas,” jelas Wahyu.

Sementara itu wali kelas yang selalu berdampingan dengan siswa – siswinya bersinergi dengan coordinator kelas yang telah ditunjuk dengan kriteria tertentu akan sangat membantu dalam hal ketertiban dan kedisiplinan.

“Saya bersyukur sekali, dan merasa terbantu pula karena kakak kelas anak – anak didik saya sudah bersama – sama mereka dan saya amati coordinator kelas sangat mengayomi adik – adiknya sehingga di samping menjalin keakraban dengan saling menghargai juga mereka membantu ketertiban dalam kegiatan terutama pada kegiatan sholat dhuha dan zhuhur,” ucap Susri Walikelas I. (wk/rf)