Belajar Fair Play Melalui Class Meeting di Emtessa

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kegiatan Class Meeting adalah kegiatan yang dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya di akhir semester. Kegiatan tersebut bertujuan agar para siswa dapat menyalurkan bakat dan minatnya dalam bidang tertentu. Di semester genap tahun ajaran 2021/2022 ini.  MTs Negeri 1 Kota Semarang melaksanakan kegiatan Class Meeting mulai Rabu, (15/06/2022). “Pelaksanaan Class Meeting meliputi lima jenis lomba yaitu lomba futsal, lomba lari, lomba karoke, lomba fashion show, lomba estafet sarung, dan kebersihan kelas. Kami harap semua siswa-siswi kelas VII dan VIII mengikutinya dibawah koordinasi wali kelas masing-masing,” jelas H. Asyhar Ulinnuha Arif, selaku Pembina OSIS sekaligus sebagai Ketua Panitia Class Meeting. Kegiatan tersebut disambut dengan senang dan bersemangat oleh para siswa.

“Alhamdulillah saya senang, akhirnya kegiatan Class Meeting ini bisa diadakan lagi,” kata Azil Cahyo Nugroho siswa kelas VIII G. Kegiatan classmeeting akan dilaksanakan di halaman dan lapangan MTs Negeri 1 Kota Semarang. Lomba yang akan dipertandingkan meliputi lomba kebersihan kelas (15-24/6), lomba lari putra dan putri (15/6), lomba estafet sarung putra dan putri (17/6), lomba futsal putra (18/6), dan lomba menyanyi karoke dan fashion show (23/6). Juri kegiatan lomba meliputi guru yang menjadi panitia ataupun guru berkompeten yang diperbantukan untuk menilai atau menjadi juri. Keterlibatan OSIS dalam kegiatan classmeeting ini juga diikutsertakan dalam membantu melancarkan dan mengatur jalannya pertandingan. “Kegiatan classmeting ini kami lakukan dengan melibatkan guru sebagai panitia dan juri penilai. Selain itu kami juga melibatkan OSIS dalam membantu pelaksanaan kegiatan, agar tertata dengan baik dan berjalan lancar,” ujar Waka Kesiswaan, Hj. Rohmah Nuryati.

Kegiatan lomba diikuti oleh perwakilan dari setiap kelas yang telah ditunjuk ataupun yang ingin berperan serta mengikuti perlombaan. Selain peserta yang mengikuti lomba, kegiatan classmeting ini juga memerlukan peran dari temannya sekelas untuk ikut serta membantu dan memberikan semangat pada saat lomba berlangsung. “Kegiatan Class Meeting ini melibatkan semua siswa, baik di bidang kebersihan maupun lomba bakat yang akan diadakan. Karena kegiatan Class Meeting ini bertujuan agar seluruh siswa dapat memberikan idenya, kreativitasnya, dan inovasi mereka baik dalam kegiatan lomba maupun dalam menghias kelas dan kebersihan kelas,” tegas Kepala Madrasah, H. Kasturi dalam pengarahannya kepada panitia. Setelah kegiatan berlangsung pemenang akan diberikan hadiah. Hadiah yang diberikan adalah hadiah yang bisa dinikmati oleh satu kelas yang menang. Karena kegiatan Class Meeting ini bukan kegiatan perorangan melainkan kegiatan lomba yang diikuti karena kerjasama seluruh peserta didik dan walikelas dalam satu kelas. Semoga saja kegiatan Class Meeting  ini dapat berjalan dengan lancar dan baik. Kegiatan classmeeting tidak hanya membuat anak-anak menjadi senang, namun juga dapat mengajarkan kepada anak-anak tentang artinya kerjasama, saling menghargai dan menghormati, dan yang paling penting anak dapat memetik hikmah dalam bermain atau berlomba harus memiliki sifat fair play yaitu berlomba dengan sikap menghormati dan menjunjung tinggi spotifitas saat bertanding. Bravo anak-anak…..tetap semangat! (Humas Emtessa/Rf)